Identifikasi Profil Hasil Belajar Siswa Ditengah Pandemic Covid-19 Terhadap Pembelajaran IPA Berbantuan Aplikasi Google Form

Rima Arini, Ana Yuniasti Retno Wulandari, Wiwin Puspita Hadi, Aida Fikriyah

Abstract


Google form merupakan platform yang sering digunakan saat pembelajaran daring maka tujuan utama penelitian ini yakni untuk memaparkan deskripsi hasil belajar siswa dengan bantuan aplikasi google form pada meteri sistem tata surya terhadap siswa kelas VII di SMPN 1 Larangan Pamekasan. Hasil penelitian terhadap keseluruhan sampel menunjukkan bahwa rata-rata memperoleh signifikan yang sangat besar yakni 86,75% dan berikut rincian hasil perolehan kriteria ketuntasan maksimum pada keseluruhan sampel yakni: 11 siswa memperoleh kriteria sangat baik, 6 siswa dengan kriteria baik, 3 siswa dengan kriteria cukup, dan 0 siswa memperoleh kriteria kurang serta dapat disimpulkan bahwa google form dapat memberikan hasil yang positif terhadap perolehan tes siswa dan dapat membantu tugas guru dalam mengevaluasi pembelajaran.
Kata Kunci: Google Form, Hasil Belajar, Sistem Tata Surya.


References


Arviansyah et al.,. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry disertai LKS Audiovisual terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4). Hal 308-315.

Azwar, S. (2014). Reliabilitas & Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Baharuddin, B., Indana, S., & Koestiari, T. (2018). Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Tugas Proyek Materi Sistem Ekskresi untuk Menuntaskan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 1(1). Hal 81-87.

Chen, L-C. (2016). A study of service learning on students’ learning outcomes. International Journal Of Teaching & Education, IV(4). Hal 1-11.

Herman. (2019). Pendekatan Teori Belajar dalam Proses Pembelajaran Akidah Akhlak di MAN Jeuram Kabupaten Nagan Raya. Jurnal Penelitian Sosial Agama,4(1). Hal 1-22.

Hunsu, N. J., Adesope, O., & Bayly, D. J. (2016). A meta-analysis of the effects of audience response systems (clicker-based technologies) on cognition and effect. Computers and Education An Internasional Journal,94. Hal 102-119.

Iqbal, M., Rosramadhana, R., Amal, B. K., & Rumapea, M, E. (2018). Penggunaan Google Form sebagai Media Pemberian Tugas Mata Kuliah Pengantar Ilmu Sosial. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial,10(1). Hal 120-127.

Irawan., Maridi., Sri, D. (2017). Pengembangan Modul Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Ranah Afektif dan Psikomotorik. EDUSAINS, 11(1). Hal 50-61.

Mardiana, T., & Purwanto, A. W. (2017). Google Form Sebagai Alternatif Pembuatan Soal Latihan Evaluasi. Proceeding Universty Research Colloquium. Hal 183-188.

Mulyadi, E. (2020). Pembelajaran Daring Fisika melalui Whatsaap, Google Form, dan Email dalam Capaian Presensi Aktif dan Hasil Belajar Peserta Didik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1). Hal 34-41.

Mustagming, A., Cholik, M., & Nurlaela, L. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Memperbaiki Unit Kopling dan Komponen Sistem Pengoperasian dengan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Otomotif SMK 2 Tarakan. Jurnal Pendidikan Vokasi: Teori dan Praktek, 3(1). Hal 81-95.

Niasri et al., .(2019). Analisis Hasil Belajar dan Kemandirian Siswa pada Pembelajaran Asam Basa dengan Metode Blended Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(2). Hal 2477-2459.

Nopriadi. (2016). Analisa Pengaruh Google For Education terhadap Hasil Belajar Siswa SMP di kota Batam. Jurnal Ilmiah Media Procesor, 11(1). Hal 720-730.

Nurdyansah, & Toyiba, F. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif terhadap Hasil Belajar pada Madrasah Ibtidaiyah.Jurnal TEKPEN, 1(2). Hal 929-930.

Nurhammudah., E & Raissa, N. (2019) Otak Atik Google Forms untuk Pembuatan Kuisioner dan Quiz. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Oktaviana, D., & Prihatin, I. (2018). Analisis Hasil Belajar Siswa pada Materi Perbandingan Berdasarkan Ranah Kognitif Revisi Taksonomi Bloom. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2). Hal 81-88.

Prasetyaningtyas, S. (2020). Pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR) Secara Online Selama Darurat Covid-19 di SMP N 1 SEMIN. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1). Hal 86-94.

Rochim, F. N., Munawaroh, F., Yuniasti, A. W. R., Ahed, M. (2019). Identifikasi Profil Miskonsepsi Siswa Pada Materi Cahaya Menggunakan Metode Four Tier Test dengan Certainty Of Response Index (CRI). Natural Science Education Reseach, 2(2). Hal 140-149.

Sudayana, R. (2015). Statiska Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v4i1.8480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.