ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP NEGERI 2 BURNEH

Santiawati Santiawati, Mochammad Yasir, Yunin Hidayati, Wiwin Puspita Hadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persentase dan tingkat keterampilan proses sains pada konsep getaran, gelombang, dan bunyi kelas VIII SMP Negeri 2 Burneh. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini penelitian deskriptif. Sampel yang digunakan dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes soal KPS berbentuk essay. Data hasil penelitian dilakukan secara kuantitatif dan kualiatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KPS siswa SMP Negeri 2 Burneh pada konsep getaran, gelombang, dan bunyi termasuk dalam kategori kurang baik dengan rata-rata sebesar 39,7%. Berdasarkan empat indikator yang dianalisis, indikator mengkomunikasikan memiliki persentase tertinggi yaitu 43,75% dan indikator memprediksi memiliki persentase paling rendah yaitu 34,5%. Adapun siswa yang memiliki keterampilan proses sains dengan kategori tinggi yaitu sebanyak 15%, kategori sedang 45%, dan kategori tinggi 40%.

Keywords


keterampilan proses sains; geteran, gelombang, dan bunyi

References


Af’idayani, N., Setiadi, I., & Fahmi. (2018). The Effect of Inquiry Model on Science Process Skills and Learning Outcomes. European Journal of Education Studies, 4(12), 177–182. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.1344846.

Agustina, P., Saputra, A. (2016). Analisis Keterampilan Proses Sains (KPS) Dasar Mahasiswa Calon Guru Biologi Pada Matakuliah Anatomi Tumbuhan (Studi Kasus Mahasiswa Prodi P.Biologi FKIP UMS Tahun Ajaran 2015/2016). Seminar Nasional Pendidikan Sains.

Amanah, P. D., Harjono, A., & Gunada, I. W. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Fisika dengan Pembelajaran Generatif Berbantuan Scaffolding dan Advance Organizer. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 84–91. Https://Doi.Org/10.29303/Jpft.V3i1.334.

Aulia, S., Diana, N., & Yuberti. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa SMP Pada Materi Fisika. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(2), 155-161.

Arifin, Z. (2017). Kriteria Instrumen dalam Suatu Penelitian. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(1), 28-36.

Dewi, E. P., Suyatna, A., Abdurrahman, & Ertikanto, C. (2017). Efektivitas Modul dengan Model Inkuiri untuk Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Kalor. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 105–110. Https://Doi.Org/10.24042/Tadris.V2i2.1901.

Fitriana, Kurniawati, Y., & Utami, L. 2019. Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Laju Reaksi Melalui Model Pembelajaran Bounded Inquiry Laboratory. Jurnal Tadris Kimiya, 4(2), 226-236.

Gultepe, N. (2016). High School Science Teachers’ Views On Science Process Skills. International Journal Of Environmental And Science Education, 11(5), 779–800. Https://Doi.Org/10.12973/Ijese.2016.348a.

Hardianti, T., & Kuswanto, H. (2017). Difference Among Levels Of Inquiry: Process Skills Improvement At Senior High School In Indonesia. International Journal Of Instruction, 10(2), 119–127. Https://Doi.Org/10.12973/Iji.2017.1028a.

Hartanti, I., Raharjo, & Purnomo, T. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbantuan Mikroskop Sederhana untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Konsep Materi Sistem Organisasi Kehidupan pada Siswa SMP. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 7(1), 1397–1408.

Kismawardani, A., Muharrami, L. K., & Hadi, W. P. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Permainan Kartu Edukatif pada Pembelajaran IPA Terpadu. Makalah Disajikan dalam Science Education National Conferense 2018. Diselenggarakan oleh Universitas Trunojoyo Madura, Madura Jawa Timur, 2018.

Mujtahidin. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Pena Salsabila.

Nismalasari, Santiani, & Rohmadi, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Getaran Harmonis. EduSains, 4(2), 74-94.

Nugraha, A. J., Suyitno, H., &Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Melalui Model PBL. Journal Of Primary Education, 6(1), 35–43.

Putra, M. F. P. (2017). Mixed Methods: Pengantar dalam Penelitian Olahraga. Jurnal Pembelajaran Olahraga, 3(1), 11-23.

Rahayu, A. H., & Anggraeni, P. (2017). Analisis Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Sumedang. Jurnal Pesona Dasar, 5(2), 22–33.

Rahma, A. D., Sulhadi, Sumarti, S. S. (2016). Implementasi Pembelajaran Sains dengan Media Fotonovela untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD/MI. Journal of Primary Education, 5(1), 1-9.

Rifai, M. H., & Wijayanti, A. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran Geografi SMA di Kabupatan Karanganyar. Jurnal Edudikara, 2(3), 210-216.

Sucipto. (2017). Pengembangan Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi dengan Menggunakan Strategi Metakognitif Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan, 2(1), 63–71. Https://Doi.Org/10.26740/Jp.V2n1.P77-85.

Sudirman, Soegimin, & Susantini, E. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains dan Meningkatkan Hasil Belajar pada Topik Suhu dan Perubahannya. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 4(2), 658–671.

Sulaeman, A. A. (2018). Desain Strategi Pembelajaran IPA Di SMP untuk Membekalkan Karakter Ilmiah Kepada Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Muhammadiyah Cirebon, 13–24.

Sudjiono, A. (2014). Pengantar Statistik Pendiidkan. Jakarta: Rajawali Pers.

Septiani, Angereini, & Hamidah. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guiede Inquiry) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas IX MIPA SMAN 08 Kota Jambi. Diselenggarakan oleh Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi, 2018.

Visilia, V. (2015). Analisis Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa Pada Materi Laju Reaksi Dengan Model Problem Based Learning (PBL). Diselenggrakan oleh Pendiidkan Kimia Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2015.

Widdina, S., Rochintaniawati, D., & Rusyati, L. (2018). The Profile of Students' Science Process Skill in Learning Human Muscle Tissue Experiment at Secondary School. Journal of Science Learning, 1(2), 53-59.

Wijayaningputri, A. R., Widodo, W., & Munasir. (2018). The Effect Of Guided-Inquiry Model On Science Process Skills Indicators. Jpps (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 8(1), 1542–1546.

Yusuf, M., & Nisa, S. C. (2018). Penerapan Media Kudamatik Dengan Literasi Sains Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pena Sains, 57.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v4i3.8435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.