UJI KELAYAKAN BULETIN AUDIO-VISUAL BERBANTUAN APLIKASI QR CODE PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL

Dwi Wahyu Indriani, Ana Yuniasti Retno Wulandari, Irsad Rosidi, Aida Fikriyah

Abstract


Pesatnya perkembangan alat teknologi komunikasi seperti telepon genggam dan penyajian bahan ajar yang kurang bervariasi, membuat siswa cenderung kurang tertarik untuk membaca. Media buletin ditawarkan sebagai alternatif solusi untuk permasalahan dalam penelitian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan buletin audio-visual berbantuan aplikasi QR Code pada materi pemanasan global. Penelitian menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model Hannafin dan Peck pada siswa SMP Kelas VII tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive sampling. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Dari hasil perolehan, perhitungan, dan analisis data, untuk validitas media mendapatkan skor rata-rata 92,47% dengan kriteria sangat layak dan pada validitas materi mendapat skor rata-rata 91,71% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan perolehan hasil menunjukkan bahwa media buletin dikatakan layak digunakan sebagai bahan ajar di sekolah.


Keywords


av;bn;QR

References


Azwar, S. (2016). Reliabilitas dan Validitas (Edisi ke-I). Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.

Hanum, L., Ismayani, A., & Rahmi, R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Buletin Pada Materi Hukum-Hukun Dasar Kimia Kelas X SMA/MA Di Banda Aceh. Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA (JIPI), 1(1), 42–48. Retrieved from www.jurnal.unsyiah,ac.id/jipi.

Jayawardana, H. B. A., & Trianggono, M. M. (2018). The Developing Of Learning Media Based Articulate Studio’ 13 In Assessment Course At Biology Education Study Program. Jurnal Pena Sains, 5(1), 27–36.

Lestiana, I., Aed, M., Hadi, W. P., & Rosidi, I. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Wondering Exploring Explaining (WEE) Science Pada Materi Struktur Bumi dan Dinamikanya. KONSTRUKTIVISME, 10(1), 113–129. Retrieved from http://konstruktivisme.unisbablitar.ejournal.web.id.

Nashiah, D., & Elmubarok, Z. (2015). Keefektifan Media BULBAR (Buletin Bahasa Arab) Pada Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas XI IPA MAN Demak. Journal of Arabic Learning and Teaching, 4(3), 13–16. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/laa.

Ngussa, B. M., & Chiza, A. (2017). The Influence of Instructional Media Use on Pupils ’ Mastery of Reading and Writing in Kiswahili Language in Kinondoni District, Tanzania. International Journal of Educational Policy Research and Review, 4(8), 187–194. https://doi.org/10.15739.

Ntobuo, N. E., Arbie, A., & Amali, L. N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Gravitasi Berdasarkan Budaya Gorontalo. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 246–251. https://doi.org/10,15294 / jpii.v7i2.14344.

Pratiwi, D. K. P., & Sudibyo, E. (2018). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Komik Pada Materi Gerak untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa SMP Kelas VIII. E-Journal Pensa, 6(2), 290–295.

Retno, A. T. P., Saputro, S., & Utami, B. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Buletin dalam Bentuk Buku Saku Berbasis Hirarki Konsep untuk Pembelajaran Kimia Kelas XI Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(2), 74–81.

Rosdiana, Raharjo, & Indana, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Guided Discovery untuk Menuntaskan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA (JIPI), 1(1), 98–112.

Saleh, N., Saud, S., & Asnur, M. N. A. (2018). Pemanfaatan QR-Code Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Asing Pada Perguruan Tinggi di Indonesia. Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke 57, 253–260. Makassar.

Sari, R., Handayani, rif’ati D., & Putra, P. D. A. (2017). Pengembangan Buletin Mari Belajar IPA (MALAPA) Pada Pembelajaran IPA Di MTs Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(1), 40–47.

Slavin, R. E. (2011). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik (Edisi ke-9; B. Sarwiji, ed.). Jakarta Barat: PT. Indeks.

Sugiantoro, B., & Hasan, F. (2015). Pengembangan QR Code Scanner Berbasis Android untuk Sistem Informasi Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Jurnal TELEMATIKA, 12(02), 134–145.

Yadav, P. K., Bera, T. K., Mukharjee, P., Yadav, S., Sah, S. K., & Kar, S. K. (2017). Audio- Visual Aids in Teaching- Learning Process of Health Sciences Students and Professional. Journal of Universal College of Medical Sciences, 03(04), 50–53. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/311774091.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v4i3.8393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.