ANALISIS RESPON SISWA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Nur Irmiyanni Awaliyah, Ana Yuniasti Retno Wulandari, Mochammad Yasir, Laila Khamsatul Muharrami

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis respon siswa SMP kelas VII terhadap model pembelajaran creative problem solving. Model pembelajaran creative problem solving berfokus pada materi pencemaran lingkungan. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan design pre-experimental. Subjek pada penelitian ini adalah kelas VII A UPT SMP Negeri 10 Gresik tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 32 siswa. Teknik pengumpulan data berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan jumlah rata-rata dari semua indikator respon siswa sebesar 94,44% dengan kriteria sangat positif. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa respon yang diberikan siswa sangat positif ketika model pembelajaran creative problem solving diterapkan pada materi pencemaran lingkungan saat proses pembelajaran.


References


Abidin, Z., & Purbawanto, S. (2015). Pemahaman Siswa Terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Livewire Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Jurusan Audio Video Di Smk Negeri 4 Semarang. Edu Elektrika Journal, 4(1), 38–49.

Ardika, I. W. D., Sitawati, A. R., & Politeknik, N. K. S. (2014). Penerapan Teori Kognitif Piaget Dalam Pembelajaran Di Sekolah Sebagai Dasar Melaksanakan Revolusi Mental. Soshum Jurnal Sosial Dan Humaniora, 4(2), 121–130.

Arifin, Z. (2017). Kriteria Instrumen Dalam Suatu Penelitian. 2(1), 28–36.

Aslamiyah, T. Al, Setyosari, P., & Praherdhiono, H. (2019). Blended Learning Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jktp Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 109–114.

Astutik, S., Nur, M., & Susantini, E. (2017). Validity Of Collaborative Creativity ( Cc ) Model. The 3 International Conference on Research, and Implementation and Education of Mathemathics and Science, 1-6.

Hariawan, Kamaluddin, & Wahyono, U. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika Pada Siswa Kelas XI SMA NEGERI 4 PALU. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 1(2).

Husen, D. N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Bioedukasi, 3(2), 367–372.

Nopitasari, D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis Siswa. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 103–112.

Periantalo, J., Fadzlul, & Islamiah, R. (2019). Penyusunan Skala Sikap Terhadap Pelajaran Praktis. Jurnal Psikohumanika, 11(1), 1–19.

Putra, Y. P. (2018). Penggunaan model pembelajaran creative problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar matematika siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(2), 73–80.

Rehalat, A. (2014). Model pembelajaran pemrosesan informasi. JPIS, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(2), 1–11.

Rosidi, Irsad. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Integrated Untuk Mengetahui Ketuntasan Belajar IPA Siswa SMP Pada Topik Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Pena Sains, 2(1).

Rosyid, M. F., & Baroroh, R. U. (2019). Teori Belajar Kognitif dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Arab. AL-Lisan: Jurnal Bahasa (e-Journal) IAIN Sultan Amai Gorontalo, 5(2), 180–198.

Sagita, I., Medriati, R., & Purwanto, A. (2018). Penerapan Creative Problem Solving Model untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Kelas XI MIA 4 MAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3), 1–6.

Siswadi, I. B. I. P., Abadi, I. B. G. S., Agung, I. G., & Negara, O. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem ( Cps ) Solving Berbantuan Media Grafis Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sd Gugus Vi Pangeran Diponogoro Denpasar Barat Tahun Ajaran 2013 / 2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Syam, F. A., Ali, M. S., & Palloan, P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dalam Pembelajaran Fisika Peserta Didik SMA 2 Bulukumba. Seminar Nasional Fisika 2018 Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, 1–4.

Tias, I. W. U. (2017). Penerapan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pedagogik UNS, 1(1), 50–60.

Viana, R. V, & Subroto. (2015). Pengembangan Sistem Assessment Dalam Pembelajaran Materi Usaha Dan Energi Berbasis Media Audio Visual Di SMA NEGERI 1 PRAMBANAN. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(5), 311–319.

Wardani, A. S., & Izzati, N. (2017). Melalui Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dengan Media Gonggong. Jurnal Kiprah, 5(2), 50–60.

Wulandari, Y. R. (2014). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division ( STAD) Dan Group Investigation ( GI ) Ditinjau Dari Aktivitas Belajar. Jurnal Pena Sains, 1(2).




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v8i1.8292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.