FAKTOR PENTING DALAM PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP: TWO-TIER TEST ANALYSIS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arsanty, V. N., & Yusman, W. (2017). Pengembangan Perangakat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Pembelajaran STS dalam Peningkatan Penguasaan Materi dan Pencapaian Kreativitas Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 23–32.
Aryani, P.R., Isa, A., & Bambang, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbentuk Augmented Reality pada Peserta Didik untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Konsep IPA. Unnes Physics Education Journal, 8(2), 90–101.
Aseptianova., Sulton, N., & Lia, P. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 4 Palembang. Biolilmi, 5(1), 59-65.
Antoko, D., & Ismayati, E. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Standar Kompetensi Mengoperasikan Sistem Kendali Elektromagnetik di SMK Raden Patah Mojokerto. JUrnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2), 335–340.
Candra, D., Haris, R., & Eka, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII pada Materi Pesawat Sederhana. Variabel, 2(1), 31–34.
Dewi, S.A., Endang, S., & Triastuti, S. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Melalui Tes Diagnostik Model Two-Tier pada Materi Asam-Basa, Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia, 3(3), 160-170.
Hidayah, U.L., Kasmadi, I. S., & Woro, S. (2018). Penggunaan Instrumen Lembar Wawancara Pendukung Tes Diagnostik Pendeteksi Miskonsepsi Untuk Analisis Pemahaman Konsep Buffer-Hidrolisis. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1), 2075-2085.
Hill, M., M.D.S., & Johnston, H. (2015). How Online Learning Can Improve The Representational Fluency and Conceptual Understanding of University Physics Students. European Journal of Physics, 36, 1-20.
Kurniasih, N., Nukhtabul, B. H. (2017). Penggunaan Tes Diagnostik Two-Tier Multiple Choice Untuk Menganalisis Miskonsepsi Siswa Kelas X pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria. Biosfer Jurnal Tadris Pendidikan Biologi, 8(1), 114-127.
Purwati, H., & Aryo, A. N. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah pada Mata Kuliah Program Linear. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 127-134.
Rahayu, D. N. G., Harijanto, A., & Lesmono, A. D. (2018). Tingkat Kemampuan Berpikir kritis siswa sma pada materi fluida dinamis. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 162–167.
Rochim, F.N., Fatimatul, M., Ana, Y.R.W., & Mocahmmad, A. (2019). Identifikasi Profil Miskonsepsi Siswa pada Materi Cahaya Menggunakan Metode Four Tier Test dengan Certainty of Respinse Index (CRI). Natural Science Education Research, 2 (2), 140-149.
Shabrina, & Kuswanto, H. (2018). Android-Assisted Mobile Physics Learning Through Indonesian Batik Culture: Improving Students’ Creative Thinking and Problem Solving. International Journal of Instruction, 11(4), 287–302. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11419a
Sthephanie, M. M., dkk. (2019). Analisis Miskonsepsi pada Materi Larutan Penyangga Menggunakan Two Tier Diagnostic test. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 9(2), 58-66.
Sudijono, A. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sudijono, A. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiana, I. N., Harjono, A., Sahidu, H., & Gunawan, G. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 61-65.
Suranti, N.M.Y., Gunawan, & Hairunnisyah, S. (2016). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta didik pada Materi Alat-alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2), 73–79.
Suryani, E., Ani, R., & W. (2016). Analisis Pemahaman Konsep IPA Siswa SD Menggunakan Two-tier Test Melalui Pembelajaran Konflik Kognitif. Journal of Primary Eduaction, 5(1), 56–65.
Syafril. (2019). Statistik Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Syamsuddin. (2017). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA dengan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing pada Siswa Kelas V SDN Tunjung 3 Kecamatan Burneh-Bangkalan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan, 9(2), 162-172.
Utami, R. D., Salamah, A., & Evi, S. B. (2017). Analisis Pengaruh Gender Terhadap Miskonsepsi Siswa SMAN di Kota Depok dengan Menggunakan Tes Diagnostik Two-Tier. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Untirta 2017.
Widiawati, N. P., Ketut, P., & I, G . (2015). Analisis Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Banjar. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1). Retrieved from
DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v4i1.8150
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.