ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TATA SURYA

Wilda Zakyatun Nafsah, Laila Khamsatul Muharrami, Wiwin Puspita Hadi, Irsad Rosidi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan Contextual Teaching And Learning dengan model Discovery Learning terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian menggunakan desain quasi experimental dengan teknik non equivalent posttest only control group design.  Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Sukodadi dengan populasi semua peserta didik kelas VII. Sampel yang digunakan 2 kelas yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan keterampilan proses sains siswa setelah diterapkan pendekatan Contextual Teaching And Learning dengan model Discovery Learning yang dibuktikan dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 kurang dari 0,05) (2) keterampilan proses sains siswa memperoleh rata-rata untuk aspek kompetensi sebesar 70 kriteria tinggi.

Keywords


Keterampilan Proses Sains; Discovery Learning; Contextual Teaching and Learning

References


Juhji.(2016).Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing.Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA.Vol. 2.No. 1.58-70.

Yuliati, Y.(2016).Peningkatan keterampilan proses sains siswa sekolah dasar melalui model pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Cakrawala Pendas (Vol.2).Retrieved from http://jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article/view/335/31.

Suryani, A., Siahaan, P., & Samsudin, A. (2015).Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains Siswa SMP pada Materi Gerak.

Snips 2015, (June 2016), 217–220.

Komiekasari, H.(2016).Peningkatan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division.Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah.Vol.1.No.1.15-22

Noor, F.,& Wilujeng, I.(2015).Pengembangan SSP Fisika Berbasis Pendekatan CTL Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar.Jurnal Inovasi Pendidikan IPA.Vol.1. No. 1.73-85.

Kusuma, dkk.(2015).Model Discovery Learning Disertai Teknik Probing Prompting dalam Pembelajaran Fisika di MA.Jurnal Pendidikan Fisika.Vol. 3.No. 4.338-341

Fadillah, E. N.(2017).Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains Siswa SMA.Didaktika Biologi.1(2)

Apriani, dkk.(2017).Penerapan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Perubahan Sifat Benda.Jurnal Pena Ilmiah.Vol. 2. No. 1

Rahayu, H., & Anggraeni, P.(2017).Analisis Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Sumedang.Jurnal Pesona Dasar.Vol. 5.No. 2

Amnah, R., Rauf, A., Rasul, M. S., Mansor, A. N., Othman, Z., & Lyndon, N.(2017).Inculcation of Science Process Skills in a Science Classroom, 9(8), 47–57. https://doi.org/10.5539/ass.v9n8p47.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v2i2.6252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.