PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL POE DENGAN TEKNIK CONCEPT MAPPING PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arfiani, Y. (2017). The Comparison Of Predict-Observe-Explain ( POE ) Learning Model Using Experimental Methods and Demonstration Methods In Improving Students Understanding Of Physics Concept In Temperature and Heat. Unnes Science Education Journal, 6(1), 1490–1495.
Ismiazizah, N., Prihandono, T., & Harijanto, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Disertai Concept Mapping Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains pada Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 383–389.
Lestiana, I., Aed, M., Hadi, W. P., & Rosidi, I. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa ( LKS ) Berbasis Wondering Exploring Explaining ( WEE ) Science pada Materi Struktur Bumi dan Dinamika. Ejournal Konstruktivisme, 10(1), 113–129.
Luchembe, D., Chinyama, K., & Jumbe, J. (2014). The Effect of Using Concept Mapping on Student’s Attitude and Achievement When Learning the Physics Topic of Circular and Rotational Motion. European J of Education, 5(4), 10–29.
Lusiana, Y., Sutarto, & Lesmono, A. D. (2014). Implementasi Model POE (Prediction, Observation, Explanation) pada Pembelajaran Gerak Lurus di MAN. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(3), 272–277.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.
Putri, B. K., & Widiyatmoko, A. (2013). Pengembangan LKS IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Tema Darah di SMP N 2 TENGARAN. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2), 102–106.
Ritna. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Media Gambar di SD Inpres III Tada. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 1(1), 28–41.
Rosidi, I. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Integrated untuk Megetahui Ketuntasan Belajar IPA Siswa SMP Pada Topik Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Pena Sains, 2(1), 2407–2311.
Shofiah, R. I., Bektiarso, S., & Supriadi, B. (2017). Penerapan Model POE (Predict-Observe-Explain) dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar IPA Dan Retensi Siswa di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 356–363.
Widyaningrum, R., Sarwanto, & Puguh. (2014). Pengembangan Modul Berorientasi POE (Predict , Observe , Explain) pada Materi Pencemaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inkuiri, 3(II), 97–106.
Wisudawati, Asih Widi & Sulistyowati, Eka. 2017. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Zubaidah, Siti dkk. 2017. Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII SMP/MTs Semester 1. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemendikbud.
DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v2i2.6239
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.