PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL POE DENGAN TEKNIK CONCEPT MAPPING PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI

Husniyah Husniyah, Yunin Hidayati, Nur Qomaria, Fatimatul Munawaroh

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keterampilan proses sains, respons siswa, dan keterbacaan lembar kerja siswa. Penelitian dilaksanakan di UPTD SMP Negeri 2 Burneh pada kelas VIII-A tahun pelajaran 2018/2019. Model pengembangan menggunakan model 4D. Model pengembangan 4D terdiri dari 3 tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, tanpa melalui proses penyebaran. Desain penelitian yang digunakan adalah One Shot Case Study. Hasil rata-rata penilaian kelayakan perangkat oleh ahli perangkat adalah validitas 94,78% reliabilitas 95,89% atau layak digunakan tanpa revisi. Kelayakan oleh ahli materi adalah validitas 87,50% reliabilitas 91,67% atau layak digunakan tanpa revisi. Hasil rata-rata daya serap keterampilan proses sains sebesar 78,78% dengan kategori sangat baik. Hasil rata-rata penilaian respons siswa sebesar 82,07% atau sangat baik. Hasil rata-rata penilaian keterbacaan lembar kerja siswa sebesar 81,70% atau sangat baik. Maka perangkat pembelajaran model POE dengan teknik concept mapping dinyatakan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran IPA.

Kata Kunci


Concept Mapping; Keterampilan Proses Sains; POE

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arfiani, Y. (2017). The Comparison Of Predict-Observe-Explain ( POE ) Learning Model Using Experimental Methods and Demonstration Methods In Improving Students Understanding Of Physics Concept In Temperature and Heat. Unnes Science Education Journal, 6(1), 1490–1495.

Ismiazizah, N., Prihandono, T., & Harijanto, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Disertai Concept Mapping Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains pada Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 383–389.

Lestiana, I., Aed, M., Hadi, W. P., & Rosidi, I. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa ( LKS ) Berbasis Wondering Exploring Explaining ( WEE ) Science pada Materi Struktur Bumi dan Dinamika. Ejournal Konstruktivisme, 10(1), 113–129.

Luchembe, D., Chinyama, K., & Jumbe, J. (2014). The Effect of Using Concept Mapping on Student’s Attitude and Achievement When Learning the Physics Topic of Circular and Rotational Motion. European J of Education, 5(4), 10–29.

Lusiana, Y., Sutarto, & Lesmono, A. D. (2014). Implementasi Model POE (Prediction, Observation, Explanation) pada Pembelajaran Gerak Lurus di MAN. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(3), 272–277.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Putri, B. K., & Widiyatmoko, A. (2013). Pengembangan LKS IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Tema Darah di SMP N 2 TENGARAN. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2), 102–106.

Ritna. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Media Gambar di SD Inpres III Tada. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 1(1), 28–41.

Rosidi, I. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Integrated untuk Megetahui Ketuntasan Belajar IPA Siswa SMP Pada Topik Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Pena Sains, 2(1), 2407–2311.

Shofiah, R. I., Bektiarso, S., & Supriadi, B. (2017). Penerapan Model POE (Predict-Observe-Explain) dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar IPA Dan Retensi Siswa di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 356–363.

Widyaningrum, R., Sarwanto, & Puguh. (2014). Pengembangan Modul Berorientasi POE (Predict , Observe , Explain) pada Materi Pencemaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inkuiri, 3(II), 97–106.

Wisudawati, Asih Widi & Sulistyowati, Eka. 2017. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Zubaidah, Siti dkk. 2017. Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII SMP/MTs Semester 1. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemendikbud.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 

 

   BASE - Bielefeld Academic Search Engine