PENGARUH MODEL GUIDED INQUIRY-MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Heriyanto Heriyanto, Mochammad Ahied, Fatimatul Munawaroh, Irsad Rosidi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Guided Inquiry-Mind Mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-eksperimental yang menggunakan desain one group pretest and postest. Teknik pengambilan data menggunakan teknik tes untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa. Teknik analisis data menggunakan uji t sampel berpasangan. Hasil analisis data diperoleh bahwa –thitung kurang dari sama dengan ttabel kurang dari sama dengan  thitung (-13,954 kurang dari sama dengan  2,145 kurang dari sama dengan  13,954) dengan signifikansi kurang dari 0,05 yaitu 0,000 menunjukkan bahwa model Guided Inquiry-Mind Mapping berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum perlakuan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 39 dengan kategori tidak kreatif dan sesudah perlakuan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 74 dengan kategori kreatif

References


Ajayi, V. (2017). Comparative Effects of Collaborative Concept Mapping and Concept Mapping Instructional Strategies on Students' Achievement and Retention in Redox Reactions. Journal of Education, 17(3), 67-74.

Amir, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting terhadap Peningkatan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal EDUTCEHNOLOGIA, Vol 3 no 2 hal 133-135.

Amtiningsih, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif melalui Penerapan Guided Inquiry dipadu Brainstorming pada Materi Pencemaran Air. Jurnal Biology Education , Vol 13(1) hal 868-872.

Arsa, I. P. (2015). Belajar dan Pembelajarannya Strategi Belajar yang Menyenangkan. Yogyakarta: Media Akademi.

Azwar, S. (2016). Reliabilitas dan Validitas Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Darusman, R. (2014). Penerapan Metode Mind Mapping (Peta Pikiran) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi, Vol 3 no 2 hal 164-173.

Ertikanto, C. (2016). Teori Belajar dan Pembelajrannya. Yogyakarta: Media Akademi.

Handaru, P. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Science Education Jurnal, vol 3 no 1 hal 86-95.

Hilman. (2014). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Mind Map terhadap keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Sains, 2(4), 221-229.

Hursen, C. (2014). Assesment of Creative Thinking Studies In terms of Content Analysis. Procedia Social and Behavior Science, 1117-1185.

Jack, G. (2013). Concept Mapping and Guided Inquiry as Effective Techniques for Teaching Difficult Concepts inChemistry: Effect on Students' Academic Achievement. Journal of Education and Practice, 4(5), 9-16.

Lukum, A. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran IPA SMP Menggunakan Model Countenance Stake. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Vol 19(1) hal 25-37.

Maulani, S. (2016). Penerapan Model Guided Inquiry Learning Dipadu dengan Concept Map untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa. Jurnal Bio-Pedagodi, Vol 5 no 1 hal 56-59.

Munandar, U. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rosidi, I. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Integrated Untuk Mengetahui Ketuntasan Belajar IPA Siswa SMP Pada Topik Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Pena Sains, Vol 2 hal 14-25.

Rosyanti, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Pendekatan Guided Discovery untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif. Jurnal Pena Sains, Vol 4 No 1 Hal 60-73.

Rukmana, H. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry disertai Teknik Roundhouse untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 26-33.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Suryanti, S. N. (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal JPGSD, Vol 1 No 2 hal 1-13.

Widoyoko, E. (2017). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Yazid, N. S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Kemampuan Pemecahan Masalah . Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 7(2), 246-251.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v8i1.5591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.