PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORY KINESTETIC (VAK) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Eka Kristanti Nur Khasanah, Fatimatul Munawaroh, Nur Qomaria, Laila Khamsatul Muharrami

Abstract


Penelitian dilakukan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa setelah menggunakan model pembelajaran VAK. Penelitian dilakukan di SMPN 1 Padangan dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kelas VIII E sebagai kelas kontrol dan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran VAK terhadap pemahaman konsep mendapat nilai signifikansi 0,000 kurang dari 0,05 dengan rumus –thitung kurang dari ttabel kurang dari thitung (-14,082 kurang dari 1,999 kurang dari 14,082) H0 ditolak dan  pemahaman konsep siswa setelah diterapkan model VAK rata-rata persentase kelas eksperimen sebesar 77,50% sedangkan kelas kontrol sebesar 55,22%.

References


Azwar, S. (2016). Realibilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Azwar, S. (2017). Realibilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ekapti, R. F. (2016). Respon Siswa Dan Guru Dalam Pembelajaran Ipa Terpadu Konsep Tekanan Melalui Problem Based Learning. Jurnal Pena Sains, 3(2).

Gunawan, M. A. (2015). Statistik Penilaian Bidang Pendidikan, Psikologi, dan Sosial. Yogyakarta: Panorama Publishing.

Handriyan, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Pokok Bahasan Sistem Pencernaan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Pena Sains, 3(2).

Hartanti, K. (2014). Pengaruh model pembelajaran VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) terhadap prestasi belajar PAI pada siswa di SMP Tlogomulyo Temanggung. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(1), 1–12.

Hidayati, N. (2016). Pembelajaran discovery disertai penulisan jurnal belajar untuk meningkatkan kemampuan kerja ilmiah siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 1 Probolinggo. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(2), 52–61.

Misbahuddin, & Hasan, I. (2013). Analisis Data Penelitian dengan Statistik Edisi Ke-2. Jakarta: Bumi Aksara.

Mustaming, A., Cholik, M., & Nurlaela, L. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Memperbaiki Unit Kopling dan Komponen-Komponen Sistem Pengoperasiannya Dengan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Otomotif SMK Negeri 2 Tarakan. Jurnal Pendidikan Vokasi Teori Dan Praktek, 3(1).

Nuor Ainiy Hidayati, dan. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii-D Smpn 2 Kamal Materi Cahaya. Jurnal Pena Sains, 3(2).

Oviana, W., & Maulidar. (2013). Penggunaan Metode Eksperimen Pada Pembelajaran Materi Sifat Bahan dan Kegunaannya Terhadap Hasil dan Respon Siswa Kelas VI MIN Tungkob Aceh. Jurnal Ilmiah Didaktika, 13(2), 336–350.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sumarni, H.Harun, A., & Imran. (2014). Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Kecil Toraranga Pada Mata Pelajaran PKn Pokok Bahasan Sistem Pemerintahan. Jurnal Kreatif Tadulako, 3(4).

Susilowati, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terintegrasi Nilai Islam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 78–88.

Syukrimansyah, S., Hasan, M., & Safitri, R. (2017). Pengembangan Modul Pratikum Berbasis Pendekatan PACE (Planing, Activities, Class discussion, Exercise) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar siswa pada Materi Listrik Dinamis kelas IX di SMP Negeri 10 Takengon Kabupaten Aceh Tengah. JPPS: Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 6(2), 1317–1323.

Wahyuni, R. I., & Evriani, D. E. (2016). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas Viiic Smpn 7 Bangkalan Pada Pembelajaran Ipa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devision (Stad). Jurnal Pena Sains, 3(2).

Widiani, N. L. R., Suadnyana, I. N., & Manuaba, I. B. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinestetik Berbantu Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. E-Journal PGSD Unirvesitas Pendidikan Ganesa, 5(3).

Widiawati, N. P., Dr. Ketut Pudjawan, M. P. ., & I Gede Margunayasa, S.Pd., M. P. . (2015). Analisis Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Ipa Pada Siswa Kelas Iv Sd Di Gugus Ii Kecamatan Banjar. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5847

Widodo, I. A., Ahied, M., & Wulandari, A. Y. R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Scientific Inquiry Yang Berorientasi Pada Literasi Sains. Science Education National Conference.

Yayang, A., Alditia, T., Gusrayani, D., & Panjaitan, R. L. (2016). Pengaruh Model Visual , Auditory , Dan Kinesthetic ( Vak ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 351–360.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v6i3.5577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.