ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MENGGUNAKAN MODEL GUIDED INQUIRY DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN
Abstract
Penelitian dilakukan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model guided inquiry dengan pendekatan keterampilan proses sains. Penelitian dilaksanakan di MTs Negeri 2 Lamongan dengan populasi kelas VII tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah Non Equivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa diperoleh hasil posttest lebih baik dari pada pretest
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdullah, A. F. A. (2016). Aplikasi Teori Gestalt dalam Mewujudkan Pembelajaran Bermakna (Meaningful Learning). Jurnal Edukasi, 2(2), 117–124.
Antoko, D., & Ismiyati, E. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Standar Kompetensi Mengoperasikan Sistem Kendali Elektromagnetik di SMK Raden Patah Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2), 335–340.
Anwar, S. (2013). Penggunaan Langkah Pemecahan Masalah Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Perbandingan di Kelas VI MI Al-Ibrohimy Galis Bangkalan. Jurnal Pendidikan Matematika E-Pensa, 1(1), 1–6.
Azwar, S. (2017). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Basri, Z., Nursalam, & Suharti. (2018). Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Approach dan Modified Free Inquiry Approach Terhadap Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol., 5(1), 94–104.
Damopolii, I., Yohanita, A. M., Nurhidaya, N., & Murtijani, M. (2018). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Jurnal Bioedukatika, 6(1), 22–30.
Fadillah, E. N. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Development of Assessment Instruments to Measure The Science Process Skills of High School Students. Didaktika Biologi, 1(2), 123–134.
Hadi, S., & Radiyatul. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya Untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–61.
Juliyanto, E. (2017). Model Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Inkuiri Berbasis Proyek Untuk Menumbuhkan Kompetensi Menyelesaikan Masalah. Indonesian Journal of Science and Education, 1(1), 36–42.
Mardiyana, I. I., Hakim, M. L., Rahmawati, I. D., & A’yun, D. Q. (2018). Keterampilan Proses Sains Sekolah Dasar. Surabaya: Pondok Pesantren Jagad ‘Alimussirry.
Nurhudayah, M., Lesmono, A. D., & Subiki. (2016). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquir ) dalam Pembelajaran Fisika SMA di Jember (Studi Pada Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Berpikir Kritis). Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 82–88.
Octavia, E. N., & Purwantoyo, E. (2016). Efektivitas Pembelajaran Guided Inquiry Pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan di Kelas VIII SMP Negeri 3 Ajibarang. Unnes Journal of Biology Education, 5(1), 38–43.
Priansa, Donni Juni. (2017). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran. Bandung: Cv Pustaka Setia.
Purbaningrum, K. A. (2017). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Penelitian dan Pendidikan Matematika, 10(2), 40–49.
Rismawati, Sinon, I. L. S., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik di SMK Negeri 02 Manokwari. Jurnal Pendidikan, 8(1), 12–25.
Solikhah, N., Winarti, E. R., & Kurniasih, A. W. (2014). Keefektifan Model Guided Inquiry dengan Pendekatan Keterampilan Metakognitif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Kreano, 5(1), 18–25.
Sujarwanto, E., Hidayat, A., & Wartono. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Pada Modeling Instruction Pada Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Ipa Indonesia, 3(1), 65–78.
Ural, E. (2016). The Effect of Guided-Inquiry Laboratory Experiments on Science Education Students ’ Chemistry Laboratory Attitudes, Anxiety And Achievement. Journal of Education and Training Studies, 4(4), 217–227.
Wahyuni, R., Hikmawati, & Taufik, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, Ii(4), 164–169.
DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v2i1.5566
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.