PROFIL KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP NEGERI 1 MENGANTI KABUPATEN GRESIK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PROBING PROMPTING DALAM PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING

Dyan Novi Anggraeni, Laila Khamsatul Muharrami, Wiwin Puspita Hadi, Ana Yuniasti Retno Wulandari

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided discovery learning dengan teknik  probing prompting terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian menggunakan quasi eksperimental design dan dilaksanakan di SMPN 1 Menganti, Gresik. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Sampel yang digunakan yaitu kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes keterampilan berpikir kritis, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan uji sampel bebas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) ada pengaruh model pembelajaran guided discovery leaening dengan teknik probing prompting terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dengan signifikansi sebesar 0,000 menunjukkan nilai signifikansi kurang dari 0,05, sedangkan t hitung kurang dari sama dengan t table yaitu 1,996 kurang dari sama dengan 5,152. 2) keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen sebesar 70,31 dengan kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol sebesar 56,28 dengan kategori sedang.

References


Akbar. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Diana. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran2013/2014. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol.7 No.2

Fisher, A. 2014. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Herpraptiwi. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi

Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nugraha, A.J, dkk. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal of Primary Education. Vol. 6, No. 1, Hal. 40

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Swarjawa. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 1 Sebatu. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. Vol.4, No.2.

Tawil. 2013. Berpikir Kompleks dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makasar: Universitas Negeri Makasar

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta : Bumi Aksara.

Widura. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta. Jurnal Bio-Pedagogi. Vol. 4 No. 2




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v1i2.4298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.