APLIKASI BRIDGING ANALOGY : UPAYA REDUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA KONSEP SUHU DAN KALOR
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran bridging analogy dalam mereduksi miskonsepsi siswa pada materi suhu dan kalor kelas VII SMP Negeri 1 Ketapang, Sampang tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan desain pre-experimental dengan rancangan one group pretest-postest design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VII D sebanyak 30 siswa. Miskonsepsi siswa dianalisis dengan menggunakan metode CRI (Certainty of Response Index). Teknik analisis data pengujian hipotesis menggunakan uji-t sampel berpasangan. Hasil pengujian hipotesis persentase miskonsepsi siswa sebelum dan setelah pembelajaran diperoleh nilai -thitung kurang dari ttabel kurang dari thitung (-7,959 kurang dari 2,045 kurang dari 7,959) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran bridging analogy berpengaruh dalam mereduksi miskonsepsi siswa pada materi suhu dan kalor. Hasil penelitian menunjukkan miskonsepsi siswa mengalami reduksi sebesar 26,50% dari rata-rata 54,00% sebelum pembelajaran menjadi 27,50% setelah penerapan bridging analogy.
Kata Kunci: bridging analogy, miskonsepsi, suhu dan kalor.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v5i1.4200
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.