PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS PROYEK TERINTEGRASI STEM PADA MATERI TEKANAN
Abstract
Tujuan pengembangan ini adalah mengetahui kelayakan, respon, dan keterbacaan terhadap modul IPA berbasis proyek terintegrasi STEM pada materi tekanan. Pengembangan menggunakan model ADDIE. Penelitian dilaksanakan di SMPN 8 Pamekasan di kelas VIII A tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan: (1) hasil rata-rata penilaian uji kelayakan aspek materi adalah validitas 87,7% dengan kategori sangat valid, reliabilitas 97,19% dengan kategori sangat baik dan aspek media adalah validitas 93,8% dengan kategori sangat valid, reliabilitas 95,5% dengan kategori sangat baik. (2) Hasil rata-rata penilaian keterbacaan modul sebesar 80,67% dengan kategori terbaca dengan sangat baik. (3) Hasil rata-rata penilaian respon siswa terhadap modul sebesar 84,73% dengan kategori sangat baik. Modul IPA berbasis proyek terintegrasi STEM pada materi tekanan dinyatakan layak.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afriana, J., dkk. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, Vol. 02 (No. 02), hal. 202-212.
Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: POT Remaja Rosdakarya.
BNSP. 2014. “Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Tahun 2014”, (Online), (http://bnsp-indonesia.org/, diakses 23 Desember 2017).
Prasowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.
Daryanto. 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.
Rais, M. 2010. Model Project Based-Learnig Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Vol. 43 (No. 03), hal. 246-252.
Rosidi, I. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Integrated untuk Mengetahui ketuntasan Belajar IPA Siswa SMP Pada Topik Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Pena Sainsprogram Studi Pendidikan IPA, FIP, Universitas Trunojoyo Madura. Vol 2, No. 1 ISSN: 2407-2311.
Sani, M., dkk. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Pemeliharaan dan Perbaikan Mesin Listrik di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol. 04 (No. 01), hal. 259-267.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tageh, Made, I., dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Tseng, K.H., et all. 2013. Attitudes towards science, technology, engineering and mathematics (STEM) in a project-based learning (PjBL) environment. International Journal of Technology and Design Education, Vol. 23 (No. 01), hal. 87-102.
Wahyudi. 2012. Developing Chemistry’s Learning Media Based On Cooperative Approach Of Student Teams Achievement Division Type In Improving Process And Student Learning Outcomes Quality At SMA Negeri Marawola. Indonesian Journal of Science Education, Vol. 02 (No. 01), hal. 9-16.
DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v1i1.4171
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.