PENGEMBANGAN E-MODULE BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI EKOLOGI UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Febriana, F. D., & Sakti, N. C. (2021). Pengembangan Emodule Berbasis Kontekstual Sebagai Pendukung Pembelajaran Jarak Jauh Kelas X IPS. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 47–58. https://doi.org/10.36706/jp.v8i1.14057
Ganda, R., Panjaitan, P., & Putri, N. N. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Materi Sistem Pernapasan Di Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 141–151. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16062
Hidayati Azkiya, M. Tamrin, Arlina Yuza, & Ade Sri Madona. (2022). Pengembangan Emodule Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 409–427. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10851
Laili, I. (2019). Efektivitas Pengembangan Emodule Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315.
Larasati, F., & Syamsurizal, S. (2022). JOTE Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022 Halaman 365-372 JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education Validitas Instrumen Tes Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMA / MA tentang Materi Mutasi. Journal On Teacher Education, 4(1), 365–372.
Lestari, A. W., Astutik, S., & Apriyanto, B. (2023). Pengembang Emodule Berbasis Kebudayaan Pandalungan Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Geografi Di SMA. Edu Geography, 11(3), 35–46.
Listia, H., & Andromeda, A. (2022). Development of the Acid and Base E-module Based on Contextual Teaching And Learning for Class XI SMA/MA. Journal of Educational Sciences, 6(4), 673. https://doi.org/10.31258/jes.6.4.p.673-686
Putra, bily pratama, Purwanto, A., & Risdianto, E. (2022). Respon Peserta Didik Terhadap Keterbacaan Emodule Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Gelombang Di SMA. Amplitodo: Jurnal Ilmu Pembelajaran Fisika, 2(1), 75–82.
Qomariyah, D. N., Subekti, H., Surabaya, U. N., & Kreatif, B. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif: Studi Eksplorasi Siswa Di SMPN 62 Surabaya. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 9(2), 242–246.
Rahma, A. S., Syahputra, E., Pendidikan, P., Pascasarjana, M., & Medan, U. N. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Realistic Mathematic Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(01), 980–995.
Ramadhan, A. R., Berlian, L., & Nestiadi, A. (2023). Pengembangan Emodule Tema Sehatkan Bumiku untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kreatif siswa kelas VII. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(1), 291–295.
Rismayanti, T. A., & Sukirwan, N. A. (2022). Pengembangan Emodule Berbantu Kodular pada Smartphone untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 06(01), 859–870.
Sagala, A. F. H., Mariani, M., & Mansyur, A. (2023). Pengembangan Media Truth or Dare Berbasis Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 11 Medan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1571–1581. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2336
Sensus, M., Arifin, K., & Munir, A. (2022). Validitas Soal pada Asesmen Kompetensi Minimum Materi Ekologi SMA Kelas X. Jurnal Biologi Dan Pembelajaran, 14(1), 1–10. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/wb
Situmorang, M., Yustina, Y., & Syafii, W. (2020). E-module Development using Kvisoft Flipbook Maker through the Problem Based Learning Model to Increase Learning Motivation. Journal of Educational Sciences, 4(4), 834. https://doi.org/10.31258/jes.4.4.p.834-848
Subakti, D. P., Marzal, J., & Hsb, M. H. E. (2021). Pengembangan E-LKPD Berkarakteristik Budaya Jambi Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1249–1264.
Susanti, N., Yennita, Y., & Azhar, A. (2020). Development of Contextual Based Electronic Global Warming Modules Using Flipbook Applications as Physics Learning Media in High Schools. Journal of Educational Sciences, 4(3), 541. https://doi.org/10.31258/jes.4.3.p.541-559
Wahyuliani, D., Danial, M., & Sanusi, W. (2022). Pengembangan E -Modul pada Materi Koloid untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Chemistriy Education Review, Pendidikan Kimai PPS UNM, 5(2), 207–215.
Waluya, S. B., & Asikin, M. (2020). Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Educatin, 3(1), 27–34. https://doi.org/10.35724/musjpe.v3i1.3117
Winata, A., Cacik, S., & Sulistyaningrum, H. (2020). Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Dengan Pembelajaraan Kooperatif Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14523
DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v7i3.27160
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.