PENGEMBANGAN E-MODULE BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI EKOLOGI UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Nabillah Nisa', Eva Ari Wahyuni, Dwi Bagus Rendy Astid Putera, Mochammad Yasir, Try Hartiningsih

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RnD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap media pembelajaran e-module berbasis kontekstual pada materi ekologi untuk melatih kemampuan berpikir kreatif menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Sampel penelitian ialah sampling jenuh dan menggunakan desain penelitian One shot. Instrumen uji coba meliputi validasi media, materi, tes berpikir kreatif, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) e-module berbasis kontekstual telah memenuhi kriteria kevalidan kelayakan dengan kategori sangat tinggi, 2) nilai rata-rata hasil kemampuan berpikir kreatif sebesar 55,79 dengan kategori cukup kreatif. Oleh karena itu, media pembelajaran e-module berbasis kontekstual layak digunakan dalam kegiatam pembelajaran.

Keywords


e-module, berbasis kontekstual, kemampuan berpikir kreatif

References


Febriana, F. D., & Sakti, N. C. (2021). Pengembangan Emodule Berbasis Kontekstual Sebagai Pendukung Pembelajaran Jarak Jauh Kelas X IPS. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 47–58. https://doi.org/10.36706/jp.v8i1.14057

Ganda, R., Panjaitan, P., & Putri, N. N. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Materi Sistem Pernapasan Di Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 141–151. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16062

Hidayati Azkiya, M. Tamrin, Arlina Yuza, & Ade Sri Madona. (2022). Pengembangan Emodule Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 409–427. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10851

Laili, I. (2019). Efektivitas Pengembangan Emodule Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315.

Larasati, F., & Syamsurizal, S. (2022). JOTE Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022 Halaman 365-372 JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education Validitas Instrumen Tes Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMA / MA tentang Materi Mutasi. Journal On Teacher Education, 4(1), 365–372.

Lestari, A. W., Astutik, S., & Apriyanto, B. (2023). Pengembang Emodule Berbasis Kebudayaan Pandalungan Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Geografi Di SMA. Edu Geography, 11(3), 35–46.

Listia, H., & Andromeda, A. (2022). Development of the Acid and Base E-module Based on Contextual Teaching And Learning for Class XI SMA/MA. Journal of Educational Sciences, 6(4), 673. https://doi.org/10.31258/jes.6.4.p.673-686

Putra, bily pratama, Purwanto, A., & Risdianto, E. (2022). Respon Peserta Didik Terhadap Keterbacaan Emodule Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Gelombang Di SMA. Amplitodo: Jurnal Ilmu Pembelajaran Fisika, 2(1), 75–82.

Qomariyah, D. N., Subekti, H., Surabaya, U. N., & Kreatif, B. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif: Studi Eksplorasi Siswa Di SMPN 62 Surabaya. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 9(2), 242–246.

Rahma, A. S., Syahputra, E., Pendidikan, P., Pascasarjana, M., & Medan, U. N. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Realistic Mathematic Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(01), 980–995.

Ramadhan, A. R., Berlian, L., & Nestiadi, A. (2023). Pengembangan Emodule Tema Sehatkan Bumiku untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kreatif siswa kelas VII. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(1), 291–295.

Rismayanti, T. A., & Sukirwan, N. A. (2022). Pengembangan Emodule Berbantu Kodular pada Smartphone untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 06(01), 859–870.

Sagala, A. F. H., Mariani, M., & Mansyur, A. (2023). Pengembangan Media Truth or Dare Berbasis Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 11 Medan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1571–1581. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2336

Sensus, M., Arifin, K., & Munir, A. (2022). Validitas Soal pada Asesmen Kompetensi Minimum Materi Ekologi SMA Kelas X. Jurnal Biologi Dan Pembelajaran, 14(1), 1–10. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/wb

Situmorang, M., Yustina, Y., & Syafii, W. (2020). E-module Development using Kvisoft Flipbook Maker through the Problem Based Learning Model to Increase Learning Motivation. Journal of Educational Sciences, 4(4), 834. https://doi.org/10.31258/jes.4.4.p.834-848

Subakti, D. P., Marzal, J., & Hsb, M. H. E. (2021). Pengembangan E-LKPD Berkarakteristik Budaya Jambi Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1249–1264.

Susanti, N., Yennita, Y., & Azhar, A. (2020). Development of Contextual Based Electronic Global Warming Modules Using Flipbook Applications as Physics Learning Media in High Schools. Journal of Educational Sciences, 4(3), 541. https://doi.org/10.31258/jes.4.3.p.541-559

Wahyuliani, D., Danial, M., & Sanusi, W. (2022). Pengembangan E -Modul pada Materi Koloid untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Chemistriy Education Review, Pendidikan Kimai PPS UNM, 5(2), 207–215.

Waluya, S. B., & Asikin, M. (2020). Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Educatin, 3(1), 27–34. https://doi.org/10.35724/musjpe.v3i1.3117

Winata, A., Cacik, S., & Sulistyaningrum, H. (2020). Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Dengan Pembelajaraan Kooperatif Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14523




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v7i3.27160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.