PENGEMBANGAN PRODUK GREEN ECONOMY BERBASIS KEBUDAYAAN MADURA
Abstract
Penelitian pengembangan produk green economy berbasis kebudayaan madura dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kelayakan produk dan respons siswa terhadap produk. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian RnD (penelitian dan pengembangan). Produk dikembangkan menggunkan model pengembangan ADDIE (Analize, Design, Development, Implementation, Evaluate). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Penerapan dilakukan disekolah SMP 1 Tanjung Bumi dan SMP 2 Tanjung Bumi. Hasil penelitian diperoleh bahwa kelayakan media sebesar 0,82% kategori sangat valid. Kelayakan materi sebesar 0,81% kategori sangat valid. Angket respons siswa sebesar 79% kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan jika produk green economy berbasis kebudayaan madura ini layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v6i2.27145
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.