PENGEMBANGAN PRODUK GREEN ECONOMY BERBASIS KEBUDAYAAN MADURA

Taufik Rizal Dwi Adi Nugroho, Mochammad Yasir, Khoirun Nisa’

Abstract


Penelitian pengembangan produk green economy berbasis kebudayaan madura dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kelayakan produk dan respons siswa terhadap produk. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian RnD (penelitian dan pengembangan). Produk dikembangkan menggunkan model pengembangan ADDIE (Analize, Design, Development, Implementation, Evaluate). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Penerapan dilakukan disekolah SMP 1 Tanjung Bumi  dan SMP 2 Tanjung Bumi. Hasil penelitian diperoleh bahwa kelayakan media sebesar 0,82% kategori sangat valid. Kelayakan materi sebesar 0,81% kategori sangat valid. Angket respons siswa sebesar 79% kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan jika produk green economy berbasis kebudayaan madura ini layak digunakan sebagai media pembelajaran.


Keywords


Green Economy, Kebudayaan Madura



DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v6i2.27145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.