PENGEMBANGAN PRODUK GREEN ECONOMY DALAM BIDANG PENDIDIKAN UNTUK MENDUKUNG SDGS
Abstract
Penelitian pengembangan produk green economy dalam bidang pendidikan untuk mendukung SDGs ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kelayakan produk dan respons siswa terhadap produk. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian RnD (penelitian dan pengembangan). Produk dikembangkan menggunkan model pengembangan ADDIE (Analize, Design, Development, Implementation, Evaluate). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Penerapan dilakukan disekolah SMPN 2 Pamekasan. Hasil penelitian diperoleh bahwa kelayakan media sebesar 88% kategori sangat valid. Kelayakan materi sebesar 86% kategori sangat valid. Angket respons siswa sebesar 89,2% kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan jika produk green economy dalam bidang pendidikan untuk mendukung SDGs ini layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v6i1.27144
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.