PENGEMBANGAN MONOPOLI IPA BERBASIS ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK

Berlian Ari Andani, Aditya Rakhmawan, Badrud Tamam, Rahmad Fajar Sidik, Ana Yuniasti Retno Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, peningkatan pemahaman konsep peserta didik, dan respons peserta didik terhadap media pembelajaran monopoli berbasis role playing pada materi bumi dan tata surya kelas VII SMP. Desain pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji coba dalam penelitian ini berjumlah 8 peserta didik kelas VIII. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 14 peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Socah. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi media, tes pemahaman konsep dan angket respons peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media pembelajaran monopoli berbasis  role playing valid digunakan yang memiliki hasil rata-rata validitas pada aspek media 91,96% dengan kategori sangat valid dan rata-rata hasil validasi aspek materi sebesar 94,44% dengan kategori sangat valid. (2) hasil pemahaman konsep peserta didik mengalami peningkatan  dengan skor N-gain sebesar 0,73 dengan kategori tinggi. (3) Nilai rata-rata hasil respons peserta didik sebesar 86,10% dengan kategori sangat positif. Hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran monopoli berbasis role playing valid digunakan dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik.

Keywords


Media monopoli, pemahaman konsep, role play

References


Abdulah, S., Hulukati, E., Nurwan, N., Ismail, Y., & Zakiyah, S. (2023). Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Statistika Dengan Media Pembelajaran Video Interaktif Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 4 Limboto. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 9(1), 15–28. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v9i1.6665

Amelia, P., Suryani, D. I., & Kurniasih, S. (2023). Pengembangan Pengembangan Media Monopoli Pada Tema Makananku Untuk Menumbuhkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII di SMP Cilegon. Journal of Science Education, 7(3), 386–392. https://ejournal.unib.ac.id/pendipa/article/view/30500%0Ahttps://ejournal.unib.ac.id/pendipa/article/download/30500/13267

Andriyani, F., Saraswati, R. R., Melasari, D., Putri, A., & Sumardani, D. (2020). Monopoly Learning Media: Education Media in Structure and Function of Plant Tissue Theory. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus, 6(1), 81–87. https://doi.org/10.36987/jpbn.v6i1.1559

Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Ber




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v7i3.27136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.