KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SEBAGAI DAMPAK MODEL PBL BERBANTUAN MIND MAPPING DI SMPN 4 BANGKALAN

Hidayatul Maghfiroh, Try Hartiningsih, Aditya Rakhmawan, Aida Fikriyah, Maria Chandra Sutarja

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis terhadap pembelajaran model PBL berbantuan Mind Mapping. Penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group. Penelitian dilakukan di UPTD SMP Negeri 4 Bangkalan kelas VII tahun ajaran 2023/2024. Populasi adalah siswa kelas VII UPTD SMP Negeri 4 Bangkalan. Pengambilan sampel 25 siswa kelas VIIA dan 25 siswa kelas VIIB menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menujukkan bahwa keterampilan berpikir kritis diperoleh hasil pengujian hipotesis (independent sample t test) dengan nilai sig 0,00 kurang dari 0,05 sehingga terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa diterapkan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Mind Mapping dengan model pembelajaran konvensional.


Keywords


Keterampilan Berpikir Kritis, Mind Mapping, Model PBL.

References


Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(3), 2476-2482.

Acesta, A. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Natutralistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 581-586.

Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Penerapannya dalam Penelitian. Educational Journal, 2(2), 1-5.

Amalia, G. R., & Hardini, A. T. A. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbasis Daring terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 67-76.

Anwar, I., Rohmani, L. A., & Putra, A. A. A. (2023). Peningkatan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(1), 145-151.

Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Suharman, E. (2021). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27-35.

Budianto., Alimin., & Martiningsih. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Islam Terpadu Al-Kausar. Global Journal Pendidikan IPA, 1(1), 121-130.

Budiono, G. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bondowoso pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 21-27.

Damayanti, P., Hindriana, A. F., & Abidin, Z. (2022). Penerapan Model Pembelajaran SM2CL untuk meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Biologi, 14(1), 9-15.

Elviana, R., Arsih, F., Helendra, H., & Anggriyani, R. (2024). Pengaruh Penugasan Mind Map Pada Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan tambusai, 8(2), 18638-18647.

Endaryati, S. A., Atmojo, I. R. W., Slamet, S. Y., & Suryandari, K. C. (2021). Analisis E-Modul Flipbook Berbasis Problem Based Learning untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 300-312.

Fahrunisa, A. (2019). Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(8), 881-890.

Gulo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan, 1(1), 334-341.

Haida, Y. N., Murtini, W., & Ninghardjanti, P. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. EFISIENSI: Kajian Ilmu Administrasi, 19(1), 60-77.

Mareti, J. W., & Hadiyanti, A. H. D. (2021). Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 31-41.

Marudut, M. R. H., Bachtiar, I. G., Kadir., & Iasha, V. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal BASICEDU, 4(3), 577-585.

Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167-175.

Nirwana, A., & Wilujeng, I. (2021). Pengaruh Pembelajaran IPA Model Problem Based Learning Berbantuan Diagram Vee terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 1(1), 8-15.

Nursyamsi, A., Suwondo, S., & Zulfarina, Z. (2021). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (guided Inquiry) Terintegrasi Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Biologi di SMAN 1 Kampar Timur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6295-6304.

Parhannudin., Gumilar, R., & Srigustini, A. (2023). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Global Education Journal, 1(3), 163-176.

Permadi, A. B. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Problem Based Learning pada Materi Suhu dan Kalor di SMPN Satu Atap 2 Tulang Bawang Barat. Global Journal Pendidikan IPA, 1(2), 84-90.

Saputra, A. S., Agustiana, A. T., & Dharmayanti, P. A. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 11 (1), 41-47.

Sihombing, T. S., Kurniasih, S., & Retnowati, R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Global Journal of Science Education and Practice, 4(1), 11-21.

Sukaisih, R., Muhali, M., & Asy’ari, M. (2022). Meningkatkan Keterampilan Metakognisi dan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran Model Pemecahan Masalah dengan Strategi Konflik-Kognitif. Empiricism Journal, 1(1), 37-50.

Tanjung, R., Supandi., & Abdillah, A. (2020). Model Cooperative Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Sub Pokok Bahasan Jenis-Jenis Tanah. Jurnal Tahsinia, 169-180.

Wulandari, F. A., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 Menggunakan Model Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 10-16.

Yunarti, N. (2021). Analisa Kesulitan dalam Pembelajaran IPA pada Siswa SMP Negeri 1 Rambang. Jurnal Educatio, 7(4), 1-5.

Yuniar, V., & Hadi, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbasis STEM Menggunakan Bantuan Mind Mapping terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(1), 44-54.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v8i1.27115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.