PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN METODE EKSPERIMEN

Savira Rizka Aulia, Mochammad Ahied, Eva Ari Wahyuni, Nur Qomaria, Dwi Bagus Rendy Astid Putera

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model contextual teaching and learning dengan metode eksperimen pada materi Ekologi. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 di MTs Ihyaul Ulum Dukun Gresik. Populasi dalam penelitian ini ialah semua siswa kelas VII sedangkan sampelnya yaitu kelas VII C dan VII D dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan ialah quasi experimental design dengan desain pretest posttest control group design. Analisis peningkatan kemampuan berpikir kritis dihitung dengan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan skor N-Gain sebesar 0,74 dengan kategori tinggi dan pada kelas kontrol mengalami peningkatan skor N-Gain sebesar 0,27 dengan kategori rendah.

Kata Kunci: berpikir kritis, contextual teaching and learning, eksperimen.

References


Amalia, A., & Wilujeng, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. E-Journal Pendidikan IPA, 7(3), 156–164.

Delisa, S., & Akhdinirwanto, R. W. (2022). Pengaruh Metode Exsperimental Dengan Model Kontekstual Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 8(1), 58. https://doi.org/10.32699/spektra.v8i1.231

Hamdani, Prayitno, & Karyanto. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen. Proceeding Biology Education Conference, 16(1), 139–145.

Hanik, N. R., Harsono, S., & Nugroho, A. A. (2018). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Dengan Metode Observasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Matakuliah Ekologi Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 9(2), 127. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.26772

Komariah, D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Energi Panas. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 621–630.

Maknun, D., R.R. Hertien K Surtikanti, & Munandar, A. (2012). Praktikum Ekologi Berbasis Proyek : Media. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(1), 8–17.

Mariya, L. (2023). 26510-73089-1-Pb. 5(1), 15–24.

Mayarni, M., & Yulianti, Y. (2020). Hubungan antara Kemampuan Berpikir Kritis dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Ekologi. PENDIPA Journal of Science Education, 4(3), 39–45. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.3.39-45

Nur Aini, A. N. A., & Hardini, A. T. A. (2023). Efektivitas Model Ctl (Contextual Teaching and Learning) Dan Circ (Cooperative Integrated Reading Composition) Terhadap Ketrampilan Membaca Siswa Kelas Ii Sd. PANDU : Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 1(3), 126–133. https://doi.org/10.59966/pandu.v1i3.274

Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Setiadi, D. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 119. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.388

Ridwan Yusuf, I., & Salsabila, S. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Ekologi. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 7(1), 49–55. https://doi.org/10.33369/diklabio.7.1.49-55

Sa’adah, M., Suryaningsih, S., & Muslim, B. (2020). Pemanfaatan multimedia interaktif pada materi hidrokarbon untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2), 184–194. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i2.29680

Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39

Yarmalinda, D., & Sineri. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis dan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Ekologi. Biolearning Journal, 7(2), 2406–8241.

Yuni Sri Uminingsih, N. A. L. (2019). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Pembelajaran IPA Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 2(2), 38–45.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v8i1.27098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.