RESPON SISWA PENGEMBANGAN E-BOOKLET TEMA MUSIK UL- DAUL MADURA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Atika Hidayati, Dwi Bagus Rendy Astid Putera, Mochammad Ahied, Eva Ari Wahyuni, Try Hartiningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dan respon siswa terhadap e-booklet tema musik ul-daul Madura. Materi yang digunakan pada media pembelajaran yang dikembangkan adalah materi getaran dan gelombang kelas VIII SMPN/MTsN. Penelitian ini merupakan jenis penelitian RnD dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, design, development, implement, evaluation. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII B mengunakan teknik sampling pretest dan posstest. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Hasil rata-rata validasi ahli media memperoleh nilai sebesar 80% dengan kriteria sangat valid, sedangkan rata-rata ahli materi memperoleh nilai sebesar 95% dengan kriteria sangat valid (2) Hasil rata-rata N-Gain kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 0,7 dengan kriteria tinggi. Hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran e-booklet tema musik ul-daul Madura layak digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan berpikir kritis siswa. (3) Hasil rata-rata penilaian respon siswa terhadap media pembelajaran e-booklet tema musik sebesar 81% dengan kriteria sangat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa media e-booklet tema Musik ul-daul Madura dapat meningkatkan berpikir kritis siswa

References


Amsari, D., & Mudjiran. (2019). Implikasi Teori Belajar E.Thorndike (Behavioristik) Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Basicedu, 3(2).

Apriyansyah, A. G. (2021). Musik tong-tong sebagai identitas lokal masyarakat kabupaten sumenep Madura. Jurnal Pendidikan Seni, Bahasa Dan Budaya, 4(1).

Bayu Aji, N. (2023). Musik tong-tong sanggar seni tarata, Bangkalan Madura.. Keteg: Jurnal Pengetahuan, Pemikiran Dan Kajian Tentang Bunyi, 23(1). https://doi.org/10.33153/keteg.v23i1.5399

Chania, M., & Maestro, E. (2020). Persepsi siswa terhadap pembelajaran seni musik di kelas XI Ipa 4 12 Padang. Jurnal Sendratasik, 9(1). https://doi.org/10.24036/jsu.v8i3.108142

Dewi, C. A., Erna, M., Martini, Haris, I., & Kundera, I. N. (2021). Effect of Contextual Collaborative Learning Based Ethnoscience to Increase Student’s Scientific Literacy Ability. Journal of Turkish Science Education, 18(3), 525–541. https://doi.org/10.36681/tused.2021.88

Diniati, A., Ismail, M. S., & Yuisman, D. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Strategi Learning Start With A Question (LSQ) Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah Muara Bungo. El-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1). https://doi.org/10.51311/el-madib.v2i1.358

Efendi, D. N., Supriadi, B., & Nuraini, L. (2021). Analisis Respon Siswa Terhadap Media Animasi Powerpoint Pokok Bahasan Kalor. Jurnal Pembelajaran Fisika, 10(2), 49. https://doi.org/10.19184/jpf.v10i2.23763

Erawati, A. (2021a). Pengembangan Media Pembelajaran E-booklet Berbasis Lingkungan pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Siswa Kelas VII SMP/Mts. In Skripsi IAIN Jember (Vol. 2, Issue 1).

Erawati, A. (2021b). Pengembangan Media Pembelajaran E-booklet Berbasis Lingkungan pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Siswa Kelas VII SMP/Mts. Skripsi IAIN Jember, 2(1).

Fath, A. M. Al. (2022). Pembelajaran di Sekolah Dasar Kecamatan Sumberlawang Melalui Penerapan Teori Kontruktivisme. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(2). https://doi.org/10.21137/jpp.2022.14.2.3

Fauzan, M. F., Nadhir, L. A., Kustanti, S., & Suciani, S. (2022). Pembelajaran Diskusi Kelompok Kecil : Seberapa Efektif kah dalam Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Pada Siswa ? Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3). https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1805-1814.2022

Fitriana, D., Dewi, C., & Murdapa, F. (2022). Kajian Penentu Variabel Bebas Dengan Metode Analitical Hierarchy Process ( AHP ) Untuk Perhitungan Nilai Tanah di Kecamatan Way Halim. Journal of Geodesy and Geomatics, 2(2).

Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan bahan ajar matematika untuk siswa SMP berdasarkan teori belajar ausubel. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2). https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644

Haerunnisa, H., Prasetyaningsih, P., & Biru, L. T. (2022). Analisis Miskonsepsi Siswa SMP pada Konsep Getaran dan Gelombang. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2). https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.428-433

Hakim, L., & Fatmaryanti, D. (2018). Studi Pendahuluan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Booklet Etnosains Fotografi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. The 7th University Research Colloqium 2018, 2015.

Halimah, L. (2016). Musik Dalam Pembelajaran. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 2(2). https://doi.org/10.17509/eh.v2i2.2763

Hanifah, H., Afrikani, T., & Yani, I. (2020). Pengembangan Media Ajar E-booklet Materi Plantae Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa. Journal Of Biology Education Research (JBER), 1(1). https://doi.org/10.55215/jber.v1i1.2631

Hartanto, H., Marlina, L., & Wiyono, K. (2021). Pengembangan E-Schoology Materi Getaran dan Gelombang untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2). https://doi.org/10.20527/jipf.v5i2.3759

Hendrianti, S. D., Hidayat, S., & Suherman, S. (2021). Pengembangan Media E-booklet Pembelajaran Berbasis Flipbook Maker pada Materi Identifikasi Karir Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2). https://doi.org/10.33394/jtp.v6i2.4089

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model ADDIE (Analysis, design, development, implementation and evaluation) dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1). https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Istiqomah, Jamaludin, & Khusnul Auliya. (2022). Melatih Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Dengan Menerapkan Model Pembelajaran ADDIE Pada Materi Getaran Dan Gelombang Untuk Smp Kelas VIII. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i2.1608

Iwan, I., Andriani, A., & Syaeba, M. (2020). Penerapan teori ausubel sebagai upaya meningkatkan miinat baca pada siswa kelas VIII. Journal Peqguruang: Conference Series, 2(2). https://doi.org/10.35329/jp.v2i2.1657

Kasturi, L. I., Istiningsih, S., & Tahir, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas V SDN 2 Batujai. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.432

Khumairok, W., Wulandari, A. Y. R., Qomaria, N., & Muharrami, L. K. (2021). Profil keterampilan berpikir kritis siswa smp pada materi getaran dan gelombang dan bunyi menggunakan soal berbantuan promting question. Natural Science Education Research, 4(1). https://doi.org/10.21107/nser.v4i1.8353

Kusufiyah, Y. V., & Anggraini, D. (2023). Jurnal ekonomi & bisnis dharma andalas. Ekonomi Dan Bisnis, 23(1).

Lamrose, T., Budiwiwaramulja, D., Azmi, A., & Muslim, M. (2019). Pemanfaatan media vidio tutorial terhadap hasil pembelajaran menggambar siswa kelas VIII Smp negeri 1 mardinding. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 8(1). https://doi.org/10.24114/gr.v8i1.12737

Latip, A. (2022). Penerapan model ADDIE dalam pengembangan multimedia pembelajaran berbasis literasi sains. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 2(2). https://doi.org/10.33369/diksains.2.2.102-108

Lilis. (2022). Implementasi Konstruktivisme dalam Praktik Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4.

Masitah, T., Wulandari, A. Y. R., Hadi, W. P., & Qomaria, N. (2022). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII Materi Pencemaran Lingkungan. Natural Science Education Research, 4(3). https://doi.org/10.21107/nser.v4i3.8392

Mokalu, V. R., Panjaitan, J. K., Boiliu, N. I., & Rantung, D. A. (2022). Hubungan Teori Belajar dan Teknologi Pendidikan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1475–1486. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2192

Muhammad Dhori. (2021). Analisis Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Belajar Mengajar di SD Negeri 7 Kayuagung. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 1(1). https://doi.org/10.14421/hjie.2021.11-09

Muhtar, E. (2022). Pengaruh Pendekatan Ketrampilan Proses Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Konsep Getaran Dan Gelombang Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 17 Halmahera Selatan. KUANTUM: Jurnal Pembelajaran Dan Sains Fisika, 3(1).

Novriana, N., Syefrinando, B., & Basuki, F. R. (2023). Pengembangan lembar kerja mahasiswa berbasis model problem based learning pada materi getaran dan gelombang. Physics and Science Education Journal (PSEJ). https://doi.org/10.30631/psej.v3i1.1746

Nugroho, T. S. A. (2021). Musik Tongtong Sebagai Pemberdayaan Ekonomi dan Identitas Lokal Masyarakat Kabupaten Sumenep Madura. Jurnal Seni Nasional Cikini, 7(1). https://doi.org/10.52969/jsnc.v7i1.110

Oktaria, K., Abduh, M., Suryana, E., & Abdurahmansyah, A. (2023). Implikasi Teori Belajar Behavioristik Thorndike dalam Pembelajaran PAI. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2040

Pakpahan, M. C., Yuliani, Y., & Dewi, S. K. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) Berbasis Guided Inquiry Pada Materi Enzim Untuk Melatih Keterampilan Berfikir Kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(3). https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n3.p567-578

Parikesit, A. A. (2020). Kecemasan terhadap mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) pada siswa sekolah dasar dan menengah. Manajemen Pendidikan, 14(2). https://doi.org/10.23917/jmp.v14i2.4387

Prananta, R., & Safitri, N. Q. L. (2023). Tahapan Pembuatan E-booklet Sebagai Media Informasi Objek Wisata Kedung Kandang di Desa Wisata Nglanggeran. E-Sospol, 9(4). https://doi.org/10.19184/e-sospol.v9i4.36929

Rahim, R., & Suhariyanti. (2022). Implementasi Penggunaan Bahan Ajar Teks Biografi Berbasis Nilai Etik untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka (JPMB), 1(2). https://doi.org/10.58266/jpmb.v1i2.27

Rahmawati, S., Masykuri, M., & Sarwanto, S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Topik Klasifikasi Materi dan Perubahannya Siswa SMP Negeri di Kabupaten Magetan. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains).

Rahmiyati, R. (2019). Pengaruh E-booklet Tentang Asi Eksklusif Pengaruh E-booklet Tentang Asi Eksklusif. Repository Poltekkes Jogja.

Rinawati, seviana. (2013). Analisis hubungan paparan getaran mekanis dan kebisingan dengan kelelahan kerja pekerja bagian mesin tenun di PT. iskandar idah printing textile surakarta. Tesis.

Rosmalia, L., Wahidin, W., & Abidin, Z. (2023). Media e-booklet berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan literasi sains. Jurnal PGSD, 9(1). https://doi.org/10.32534/jps.v9i1.4305

Rozikin, M. K. dan Moh. S. (2018). Karya Musik “Overture Ul-daul” Dalam Tinjauan Variasi Melodi. Solah, 8(1).

Rusli, F., Ambarwati, L., & Hakim, L. El. (2023). Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan meminimalkan prilaku prokrastinasi akademik menggunakan model problem based learning. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 8(1). https://doi.org/10.25157/teorema.v8i1.8250

Saprudin, S., Irfan Ahlak, Astuti Salim, Ade Hi Haerullah, Fatma Hamid, & Nurdin Abdul Rahman. (2022). Pengembangan e-Modul Interaktif Getaran dan Gelombang (eMIGG) untuk Pembelajaran IPA di SMP. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(1). https://doi.org/10.37630/jpm.v12i1.549

Sarip, M., Amintarti, S., & Utami, N. H. (2022). Validitas dan Keterbacaan Media Ajar E-booklet untuk Siswa SMA / MA Materi Keanekaragaman Hayati. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1).

Sugiarti, Q. N., Anggraeni, N. D., & Alfiyah, C. (2023). Analisis Penerapan Hukum Mersenne Pada Tinggi Rendahnya Nada Dawai Gitar Akustik. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 3(2). https://doi.org/10.30659/jp-sa.3.2.183-188

Sulaimi, A. I. (2021). Analisis Metode Outdoor Learning pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. Skripsi Fakultas Terbiyah Dan Tadris Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Sustrisna, N. (2022). Pengambangan buku siswa berbasis inkuiri pada materi IPA untuk kelas VIII SMP. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8).

Triarmanti, R., Handawati, R., & Kusumawati, L. (2023). Pengembangan E-booklet Mitigasi Bencana Banjir Berbasis Masalah Kelas XI Di SMAN 71 Jakarta. UNM Geographic Journal, 6(2).

Ulfah, Y., & Suryantoro, A. (2021). Evaluasi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 terhadap Nilai Pretest dan Posttest IPA Kelas IX.A SMP Negeri Purworejo Lampung Tengah. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 2(1). https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v2i1.3387

Umam, A. K., Utami, R. W., Putri, A. H., Syaharani, A., & Antarnusa, G. (2020). Pengaruh Rapat Massa Tali terhadap Cepat Rambat Gelom-bang Pada Percobaan Hukum Melde. Jurnal Untirta, 3(1).

Wartini, W., Siswanto, S., Muhlisin, A., Rahayu, R., & Firmadani, F. (2021). Peengambangan instrumen keterampilam proses sains pada topik getaran dan gelombang siswa smp. Indonesian Journal of Education and Learning, 5(1). https://doi.org/10.31002/ijel.v5i1.4262

Widiyati, C. N. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Sifat-Sifat Bunyi Melalui Model CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Siswa Kelas IV. Jurnal Pembelajaran Dan Riset Pendidikan (JPRP), 2(1).

Yusuf, M., Mahrudin, M., & Irianti, R. (2023). Kajian Keanekaragaman Jenis Pohon di Tepian Sungai Tanipah Sebagai Bahan Ajar Berbentuk E-booklet Pada Konsep Keanekaragaman Hayati Di SMA. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1). https://doi.org/10.57218/jupeis.vol2.iss1.539




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v7i3.26890

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.