KELAYAKAN MEDIA FLIPBOOK KEARIFAN LOKAL JAMU MADURA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

Lailatul Safitri, Try Hartiningsih, Wiwin Puspita Hadi, Mochammad Yasir, Dwi Bagus Rendi Astid Putera

Abstract


Flipbook merupakan buku elektronik yang berisikan cover. capaian dan tujuan pembelajaran. indikator literasi sains. materi pembelajaran. game. dan kuis yang didesain semenarik mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan  media, dan respons peserta didik. Materi yang digunakan pada media pembelajaran yang dikembangkan adalah keanekaragaman hayati kelas VII SMP/MTS. Penelitian ini merupakan penelitian RnD  dengan model pembelajaran ADDIE. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMPN 1 Tanjung Bumi. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-A yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi ahli media, ahli materi, dan angket respons peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Rata-rata validasi ahli materi 96.40% dengan kategori sangat valid dan validasi ahli media 90.20% dikategorikan sangat valid. (2) Rata-rata respons peserta didik sebesar 89.89%. Hal ini menunjukkan media flipbook layak digunakan dalam pembelajaran.

References


Alwie., & Sa’diyah. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Website Terhadap Motivasi Belajar Siswa di MAN 1 Kota Bogor. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 4(2), pp 547-553

Apriyanti. E., Alang. H., & Hartini. (2023). Edukasi Tanaman Obat pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Booklet TOGA. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), pp 13-19.

Erna. E. N. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VI Pada Materi gaya dan Gerak Menggunakan Metode Demontrasi Di Sdkwatupedar. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), pp 1-6.

Fauzi. S. A., & Mustika. D. (2022). Peran Guru sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), pp 2492-2500.

Hartanti. D. (2019). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Media Pembelajaran Siswa dengan Media Pembelajaran Interaktif Game Kahoot Berbasis Hypermedia. Makalah disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional. Diselenggarakan oleh Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Yogyakrta. Jawa Timur. 21 September 2019.

Hidayat. F & Nizar. M. (2021). Model ADDIE (Analsis. Desaign. Development. Implementation. and Evaluation) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1(1), pp 28-37.

Indrawati. E. S & Nurpatri. Y. (2022). Problematika Pembelajaran IPA Terpadu (Kendala Guru dalam Pengajaran IPA Terpadu). Jurnal Pendidikan, 1(1), pp 226-234.

Kristiana. T. F., & Radia. E. H. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatlan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal BasicEdu, 5(2), pp 818-826.

Kosasih (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara

Listyani. N. A., & Munzil. (2023). Pengembangan Instrumen Soal Literasi Sains pada Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati untuk Mengukur Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Kelas VII. Malang. Indonesia: Universitas Negeri Malang.

Malahayati. A. N., & Zunaidah. F. N. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Mata Kuliah Kurikulum. Jurnal Basicedu, 5(6), pp 6218-6226.

Masithah. I., Jufri. A. W., & Ramdani. A. (2022). Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Journal of Classroom Action Research, 4(2), pp 147-151.

Muhlas., & Kuntjoro. S. (2019). Pengembangan E-Book Tipe Flip Book Berbasis Literasi Sains pada Materi Ekologi Kelas X SMA. Jurnal BioEdu, 8(1), pp 58-62.

Pratiwi. S. N., Cari. C., & Aminah. N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), pp 34-42.

Pitasari. M. A. R., & Febriyanti. B. D. (2023). Analisis Kelengkapan dalam Merumuskan Tujuan Pembelajaran pada Mahasiswa PGMI Semester V. Jurnal Ilmu Kependidikan, 12(1), pp 35-42.

Nauli. F. A., Rahmadani. A. N., Jakoswa. F. L., Putri. I. H., Augrah. N., Chilika. N., Putra. M. I., Pasaribu. L. E., Nengsih. Y. G. S., Meunarti. Y., & Fauziah. N. N. (2023) Penanaman dan Manfaat Tanaman Obat Keluarga (TOGA) di Desa Karya Bhakti Kabupaten Kampar. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 3(1), pp 1-5.

Nuraeni. M. I & Habibi. M. W. (2021). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbentuk Komik pada Materi Sistem Eksresi untuk SMP/MTS Kelas VIII. Journal of Science Educatio,. 1(1), 35-43.

Sari. P. M., & Yarza. H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz dan Wordwall PADA Pembelajaran IPA Bagi Guru-Guru SDIT Al-Kahfi. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), pp 195-199.

Wakhidah. N., Ibrahim. M., Agustina. R., & Erman. E. (2020). Validitas Strategi Scffolding Imwr (Inspiring-Modeling-Writing-Reporting) Pada Pendekatan Sainfik. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), pp 1-12.

Wildana, A. A., Aristya, P. D., & Budiarso, A. S. (2023). Pengembanga Modul Flipbook Digital Berbasir STEM Materi Sistem Pencernaan Mnausia untuk Meningkatkan Litersi Sains. Juenal Pendidikan IPA, 13(1), 57-66.

Wirayasa. I. D. G. P., Darmaasa. I. P., & Satawan. I. M. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajara Ranah Kognitif Model 4D pada Materi Sepak Bola Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Jamani, Olahraga dan Kesehatan Undiksa, 8(3), pp 81-88.

Wisudawati. A. W., & Sulistyowati. E. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Wedyawati. N., & Lisa. Y. (2019). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Yuliani. W & Banjarnahor. N. (2021). Metode Penelitian Pengembangan RND dalam Bimbingan dan Konseling. Quanta, 5(3), pp 111-118




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v7i3.26666

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.