PENGEMBANGAN E-MODULE TEMA TAMBAK UDANG SOCAH MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA

Miftahul Jannah, Dwi Bagus Rendy Astid Putera, Badrud Tamam, Nur Qomaria, Maria Chandra Sutarja

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan produk dan respons siswa terhadap bahan ajar e-module tema tambak udang Socah. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Uji coba produk terdiri dari uji coba perorangan, kelompok kecil, dan kelompok besar. Hasil uji validasi media dan materi memperoleh skor sebesar 1,00 dengan kriteria sangat valid. Hasil respons siswa pada uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar memperoleh skor senilai 89%, 90%, dan 96%. Oleh karena itu, bahan ajar e-module tema tambak udang Socah dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran.


Keywords


E-Modul, Tambak Udang Socah

References


Az-Zahro, A., & Fitriyah, I. J. (2023). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Kontekstual Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia dengan Mengoptimalkan Profil Pelajar Pancasila Kreatif. Seminar Nasional Pendidikan IPA Dan Matematika, 1, 18–22.

Azkiya, H., Tamrin, M., Yuza, A., & Madona, A. S. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 409–427. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10851

Damayanti, L., Suana, W., & Riyanda, A. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmeneted Reality Pengenalan Perangkat Keras Komputer. Ikra-Ith Informatika:, 6(1), 10–19.

Efendi, R. I., Muharrami, L. K., Fikriyah, A., & Qomaria, N. (2021). Respons Siswa SMP Terhadap Media Science Comic pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.35719/mass.v2i1.58

Harahap, R. M., Elvinawati, & Nurhamidah. (2022). Pembuatan E-Module Berbasis Guided Discovery Learning pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 6(2), 165–172. https://doi.org/10.33369/alo.v6i2.25514

Haspen, C. D. T., & Syafriani, S. (2022). Praktikalitas dan Efektifitas E-Modul Fisika SMA Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Eksakta Pendidikan, 8(1), 10–16. https://doi.org/10.24036/jep/vol5-iss1/548

Haspen, C. D. T., Syafriani, S., & Ramli, R. (2021). Validitas E-Modul Fisika SMA Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 5(1), 95–101. https://doi.org/10.24036/jep/vol5-iss1/548

Juniantoro, S., Mariana, N., Budiyati, E., Rihyanti, E., Nurhayati, M., Sudjiran, & Rahmaniar, A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Mendukung Presentasi Jenjang SMK. Jurnal Publikasi Kegiatan Pengabdian Masyarakat (PUNDIMASWID), 1(2), 81–86.

Kristiwati, I., Irfan, & Arifuddin. (2019). Dampak Handphone Android Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI IPS di SMAN 3 Kota Bima. Pendidikan Sosiologi, 2(2), 43–52.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.

Marhayani, A., & Wulandari, F. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa dan Kompetensi Pengetahuan Siswa pada Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 80–85. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24047

Olsson, J., & Granberg, C. (2022). Teacher-Student Interaction Supporting Students’ Creative Mathematical Reasoning During Problem Solving Using Scratch. Mathematical Thinking and Learning, 00(00), 1–28. https://doi.org/10.1080/10986065.2022.2105567

Prihatiningtyas, S., & Sholihah, N. F. (2020). Project Based Learning E-Module to Teach Straight-Motion Material for Prospective Physics Teachers. Pendidikan Fisika, 8(3), 223–235. https://doi.org/10.26618/jpf.v8i3.3442

Putra, A. A., Wahyuni, I. W., Alucyana, & Ajriya. (2021). Pengaruh Penggunaan Handphone pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 18(1), 79–89. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2021.vol18(1).6531

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104.

Rahmadhani, S., Efronia, Y., & Tasrif, E. (2021). Penggunaan E-Modul di Sekolah Menengah Kejuruan pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika, 1(1), 6–11. https://doi.org/10.24036/javit.v1i1.16

Rahmawati, I., Sulistiyowati, T. I., Nurmilawati, M., Zubaidah, S., & Mahanai, S. (2021). Analisis Faktor Kesulitan Mahasiswa dalam Mempelajari Materi Ekologi. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran, 4, 298–303.

Ramadayanty, M., Sutarno, S., & Risdianto, E. (2021). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Multiple Reprsentation untuk Melatihkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 17–24. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.17-24

Ramadhanti, N., Rahmad, M., & Zulirfan, Z. (2023). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar E-Modul IPA PJBL Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Materi Kemagnetan. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(2), 630–645. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i2.720

Rawung, W. H., Katuuk, D. A., Rotty, V. N. J., & Lengkong, J. S. J. (2021). Kurikulum dan Tantangannya pada Abad 21. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(1), 29–34. https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i1.112127

Rozi, A. F., Agug, A. I., Widyartono, M., & Hermawan, A. C. (2021). Penerapan Pembangkit Hybrid sebagai Penggerak Kincir Air pada Tambak Udang. Jurnal Teknik Elektro, 10(1), 91–98.

Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 2(1), 470–477.

Savira, A. N., Fatmawati, R., & Z, M. R. (2020). Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Ceramah di Sekolah Dasar Islam Bandar Kidul Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 2(2), 115–126. https://doi.org/10.30762/factor_m.v2i2.2294

Sofyan, H., Anggereini, E., Muazzomi, N., & Larasati, N. (2020). Developing an Electronic Module of Local Wisdom Based on the Area Learning Model At Kindergarten Jambi City. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 11(2), 216–231.

Sujaya, K. D. A., Herlambang, A. D., & Afirianto, T. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran e-Modul Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Program Keahlian Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) di SMK Negeri 5 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(4), 2001–2009. http://j-ptiik.ub.ac.id

Sulur, Munfaridah, N., & Agustin, E. (2023). E-Module Gerak Lurus: Peluang Pengembangan Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Bernalar. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 7(2), 82–92. https://doi.org/10.30599/jipfri.v7i2.2735

Utami, N., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6301–6306. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Wijayanti, N. K. A., Wulandari, I. G. A. A., & Wiarta, I. W. (2022). E-Modul Literasi Berbasis Cerita Rakyat pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 75–84. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46354

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v7i3.26430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.