PENGEMBANGAN MEDIA MINIATUR PUZZLE 3 DIMENSI (MP3D) PADA MATERI SISTEM TATA SURYA KELAS VII SMP
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anggraini, N.A. (2019). Pengembangan Media Miniatur Alam Sekitar Pada Materi Menulis Puisi Siswa Kelas V SDN 2 Suralaga, Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, Vol 3(1), Hal 102-105.
Cahyaningsih, R.N., Siswanto, J., & Sukamto. (2020). Keefektifan Model Project Based Learning Berbantuan Multimedia Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Vol 4(1), Hal 34-40.
Dare, D. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Tema 4 Subtema 1 Dengan Menggunakan Strategi Permainan Tradisional Pada Siswa Kealas IV SD 4 Mentawa Baru Hilir. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, Vol 2(2), Hal 1-26.
Dewi, L., & Fauziati, E. (2021). Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar dalam Pangadangan Teori Konstruktivisme Vygotsky. Jurnal Papeda, Vol 3(2), Hal 163-174.
Fatmawati, F., & Harmanto. (2019). Pengembangan Media Puzzle Berbasis Index Card Match Materi Peristiwa Lahirnya Pancasila Muatan IPS. Joyful Learning Journal, Vol 8(2), Hal 113-118.
Lestari, S.D., & Maunah, B. (2022). Dasar-Dasar Yuridis Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, Vol 9(3), Hal 314-325.
Londa, A.H., Mete, Y.Y., & Sadipun, B. (2018). Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA. Journal of Elemantary School (JOES), Vol 1(2), Hal 113-120.
Mahmuda, S. (2018). Media Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal An-Nabigoh, Vol 20(1), Hal 129-138.
Mustafa, P.S., & Roesdiyanto. (2020). Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme Melalui Model PAKEM dalam Permainan Bolavoli Pada Sekolah Menengah Pertama. Jendela Olahraga, Vol 6(1), Hal 50-65.
Nuqisari, R., & Sudarmilah, E. (2019). Pembuatan Game Edukasi Tata Surya Dengan Construct 2 Berbasis Android. Jurnal Teknik Elektro, Vol 19(2), Hal 86-92.
Nurmiati., & Gazali, Z. (2018). Media Pembelajaran Permainan Monopoli Biologi Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, Vol 6(2), Hal 103-107.
Permata, N.N., Zaman, W.I., & Damayanti, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Miniatur Materi Energi Alternatif Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, Vol 9(1), Hal 1-13.
Pratiwi, I.T.M., & Meilani, R.I. (2018). Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran,Vol 3(2), Hal 173-181.
Rufaedah, E.A. (2018). Teori Belajar Behavioristik Menurut Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, Vol 4(1), Hal 14-30.
Sarina., & Hasanah. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Miniatur Rumah Adat Pada Pembelajaran Tematik Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol 1(4), Hal 272-288.
Sugianto, S.D., Ahied, M., Hadi, W.P., & Wulandari, A.Y.R. (2018). Pengembangan Modul IPA Berbasis Proyek Terintegrasi STEM Pada Materi Tekanan. Journal of Natural Science Education Reseach, Vol 1(1), Hal 28-39.
Turahmah, F., Febrini, D., & Walid, A. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran dan Pengembangan, Vol 4(1), Hal 74-87.
Verawati, N.N.S.P., Iswara, A., & Wahyudi. (2022). Validitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Kependidikan Fisika, Vol 10(1), Hal 1-7.
Wardani, S.K., Setyosari, P., & Husna, A. (2019). Pengembangan Multimedia Tutorial Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Sistem Tata Surya Kelas VII MTs Raudlatul Ulum Karangploso. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, Vol 2(1), Hal 23-29.
Wati, K., Hidayati, Y., Wulandari, A.Y.R., & Ahied, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connecting Organizing Reflecting Extending) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Natural Science Education Reseach, Vol 1(2), Hal 108-116.
Zuleni, E., & Marfilinda R. (2022). Pengaruh Motivasi Terhadap Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, Vol 1(1), Hal 244-250.
DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v7i1.23125
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.