PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AR PADA MATERI TATA SURYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andriani, M. W., & Ramadani, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Berbasis Android Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2), 567–576.
Balitbang Kemendikbud. (2019). Pendidikan di Indonesia: Belajar Dari Hasil PISA 2018. Jakarta: P. P. P. B. Kemendikbud.
Dewi, L. R., & Anggaryani, M. (2020). Pembuatan Media Pembelajaran Fisika dengan Augmented Reality Berbasis Android pada Materi Alat Optik. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 9(3), 369–376.
Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak Revolusi Industri 4.0 pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Sains dan Edukasi Sains, 4(2), 59–65.
Ein, A. R. N. El, & Martadi. (2021). Perancangan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Mengenal Tata Surya Di Masa Pandemi. Jurnal Barik, 3(1), 195–206.
Ennis, R. H. (1993). Critical Thinking Assessment. Theory Into Practice, 3(32), 179–186.
Girsang, B., Sinaga, E. A. L., Tamba, P. G., Sihombing, D. I., & Siahaan, F. B. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Model Program For International Student Assesment (PISA) Konten Quantitiy pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP HKBP Sidorame Medan. Journal of Mathematics Education and Applied, 1(1), 172–180.
Kartika, A. T., Eftiwin, L., Lubis, M. F., & Walid, A. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 3(1), 1–10.
Nafisa, D., & Wardono. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 854–861.
Nurhaddi, R. P., & Budiyanto, M. (2020). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis High Order Thinking Skills untuk Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Sains, 8(3), 282–287.
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kompetesnsi Pedagogik. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(3), 189–196.
Puspitasari, Y. D., & Nugroho, P. A. (2020). Peningkatan Higher Order Thinking Skill dan Kemampuan Kognitif pada Mahasiswa melalui Pendekatan Science, Environment, Technology and Society Berbantuan Modul Pembelajaran. Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA, 4(1), 11–28.
Purwodani, D. L., Sulton, & Praherdhiono, H. (2018). Prospek Pengembangan Lingkungan Belajar Digital untuk Generasi Z di Era Industri IV. Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Malang, 3(7), 930–934.
Raihan, A. (2022). Implementasi Media Pembelajaran Mobile Learning Versi Android Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Gerak Pada Manusia Kelas VIII. Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 2(2), 154–160.
Retnaningtiyas, T. A., Suprapto, N., & Achmadi, H. R. (2021). Studi Literatur Pemanfaatan Media Augmented Reality Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 10(1), 39–49.
Rohmah, F. A., & Nurita, T. (2018). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Getaran dan Gelombang. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 5(3), 222–225.
Rosa, A. C., Sunardi, H., & Setiawan, H. (2019). Rekayasa Augmented Reality Planet dalam Tata Surya sebagai Media Pembelajaran bagi Siswa SMP Negeri 57 Palembang. Jurnal Ilmiah Informatika Global, 10(1), 1–7.
Seda, E., Ain, N., & Sundaygara, C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(3), 1–13.
Setianingrum, S., & Wardani, N. S. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Tematik melalui Discovery Learning Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 149–158.
Wibawa, R. P., & Agustina, D. R. (2019). Peran Pendidikan Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Era Society 5.0 sebagai Penentu Kemajuan Bangsa Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 7(2), 137–145.
DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v8i1.22033
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.