MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KOGNITIF IPA MELALUI MODEL SCIENCE CREATIVE LEARNING (SCL) BERBASIS PROYEK MATERI TATA SURYA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII-E DI SMP NEGERI 27 SURABAYA TAHUN AJARAN 2022/2023

Siti Zulaikah, Novie Endah Sulistyowati, Agung Mulyo Setiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar kognitif IPA di SMP Negeri 27 Surabaya tahun ajaran 2022/2023. Peningkatan menggunakan model pembelajaran Science Creative Learning (SCL) berbasis proyek. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII-E semester genap yang berjumlah 30 peserta didik. Data prestasi belajar kognitif diperoleh dari hasil tes formatif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data, pada siklus I rerata prestasi belajar kognitif IPA menunjukkan nilai 76 dengan persentase ketuntasan klasikal 67%, kemudian setelah mengikuti pembelajaran pada siklus II rerata nilai naik menjadi 84 dengan persentase ketuntasan 87%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model Science Creative Learning (SCL) berbasis proyek secara efektif mampu meningkatkan prestasi belajar kognitif IPA peserta didik. Harapan besar penelitian kali ini bisa menjadi rekomendasi untuk penelitian selanjutnya yang akan mengembangkan perangkat menggunakan model Science Creative Learning (SCL) berbasis proyek.

Keywords


Prestasi belajar, Science Creative Learning

References


Agung, A.A Gede. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing. Depdiknas, 2006 Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Arikunto, Suharsimi. (2019). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Melvin, Silderman. (2007). Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa dan Nusamedia.

Nur, Moh. (2019). Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya: University Press.

Rosjidah, Henny. (2019). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share Pada Siswa Kelas VII A Kraton Kab. Pasuruan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Global. Vol. 1. No. 3.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers.

Setiawan, dkk. (2007). Komputer dan Media Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sofia, dkk. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.

Sudarmamik. (2019). Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Model Problem Based Instruction Pada Siswa Kelas 8.B MTS Al-Arif Gempol Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Global. Vol. 1. No. 3.

Suharsimi, A. (2006). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Suyidno, dkk. (2016). Keterlaksanaan Model Scientific Creativity Learning (SCL) untuk Melatihkan Kreativitas Ilmiah Mahasiswa dalam Pembelajaran Fisika. Prosiding Seminar Nasional Masif II Tahun 2016. FPMIPati, Universitas PGRI Semarang.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi pustaka.

Usman, Moh. (2019). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Widodo, dkk. (2013). Penerapan Model Science Creative Learning (SCL) Fisika Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol. 2. No. 1.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v6i3.21945

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.