MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KOGNITIF IPA MELALUI MODEL SCIENCE CREATIVE LEARNING (SCL) BERBASIS PROYEK MATERI TATA SURYA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII-E DI SMP NEGERI 27 SURABAYA TAHUN AJARAN 2022/2023
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agung, A.A Gede. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing. Depdiknas, 2006 Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Arikunto, Suharsimi. (2019). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Melvin, Silderman. (2007). Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa dan Nusamedia.
Nur, Moh. (2019). Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya: University Press.
Rosjidah, Henny. (2019). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share Pada Siswa Kelas VII A Kraton Kab. Pasuruan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Global. Vol. 1. No. 3.
Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers.
Setiawan, dkk. (2007). Komputer dan Media Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sofia, dkk. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.
Sudarmamik. (2019). Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Model Problem Based Instruction Pada Siswa Kelas 8.B MTS Al-Arif Gempol Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Global. Vol. 1. No. 3.
Suharsimi, A. (2006). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Suyidno, dkk. (2016). Keterlaksanaan Model Scientific Creativity Learning (SCL) untuk Melatihkan Kreativitas Ilmiah Mahasiswa dalam Pembelajaran Fisika. Prosiding Seminar Nasional Masif II Tahun 2016. FPMIPati, Universitas PGRI Semarang.
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi pustaka.
Usman, Moh. (2019). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Widodo, dkk. (2013). Penerapan Model Science Creative Learning (SCL) Fisika Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol. 2. No. 1.
DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v6i3.21945
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.