Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Simulasi Molekul pada Topik Campuran dan Pemisahan Campuran
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis animasi simulasi molekul pada topik campuran dan pemisahan camuran, serta untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap media pembelajaran. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, Evaluate). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Krian. Teknik pemilihan sampel menggunkan purposive sampling dan diperoleh kelas VII A sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, validasi, angket respon siswa dan dokumentasi. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa aplikasi berbasis animasi simulasi molekul sangat layak digunakan karena (1) validitas media yang dihasilkan sebesar 93,89% dan reliabilias sebesar 94%, (2) validitas materi sebesar 91,83% dan reliabilitas sebesar 98,47%, (3) validitas angket respon siswa yang dihasilkan sebesar 95,89% dan reliabilitas sebesar 97%, (4) dan respon siswa setelah menggunakan aplikasi berbasis animasi simulasi molekul sebesar 90,02% dengan kriteria sangat baik. Simpulan dari penelitian ini yakni pengembangan media pembelajaran berupa aplikasi berbasis animasi simulasi molekul sangat layak digunakan dan mampu menarik perhatian siswa. Kata Kunci: media pembelajaran, animasi simulasi molekul, kelayakan, respon siswa.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v7i1.16528
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.