EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Hidayatul Masruroh, Wiwin Puspita Hadi, Mochammad Ahied, Badrud Tamam, Maria Chandra Sutarja

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan media pembelajaran berbasis Augmented Reality terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian menggunakan one group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tegaldlimo. Sedangkan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII D yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t berpasangan. Hasil analisis uji t berpasangan menunjukkan nilai thitung lebih dari ttabel  yaitu 19,482 lebih dari  2,045 dengan nilai signifikansi 0,000 (pada df 29 dan signifikansi 0,05). Hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan efektivitas dari penggunaan media pembelajaran berbasis Augmented Reality terhadap pemahaman konsep siswa. Rata-rata nilai pretest siswa sebelum pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis Augmented Reality yaitu sebesar 50,65 meningkat pada post-test siswa menjadi 76,48. Peningkatan pemahaman konsep siswa menggunakan N-Gain Score pada penelitian ini sebesar 0,54 yang menunjukkan kriteria peningkatan sedang. Keterlaksanaan pembelajaran termasuk kriteria sangat baik dengan presentase rata-rata 98,33% serta respons positif siswa terhadap pembelajaran menunjukkan presentase rata-rata sebesar 81,56% dengan kriteria sangan baik.


Keywords


Augmented Reality; media pembelajaran; pemahaman konsep siswa



DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v6i3.16517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.