Pengembangan Media Motion Graphics pada Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Nur Isnaini Putri Gusria, Badrud Tamam, Ana Yuniasti Retno Wulandari, Irsad Rosidi, Dwi Bagus Rendy Astid Putera

Abstract


Tujuan penelitian adalah mengetahui kevalidan dan keefektifan media pembelajaran motion graphics pada materi getaran, gelombang dan bunyi. Penelitian ini yaitu Research and Development (RnD). Model pengembangan menggunakan ADDIE. Subjek penelitian siswa SMPN 2 Burneh dengan 3 siswa uji coba perorangan, 9 siswa uji coba kelompok kecil kelas VIII B dan 20 siswa kelas VIII C untuk implementasi. Data dikumpulkan menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Media motion graphics pada uji validasi ahli media sudah valid dan layak kriteria sangat tinggi dengan nilai 0,82 dan hasil uji validasi ahli materi sudah layak dengan kriteria sangat tinggi dengan nilai 0,82, 2) Media motion graphics efektif ditinjau dari peningkatan minat belajar siswa menghasilkan kriteria tinggi dengan nilai 0,74.


Keywords


getaran, gelombang dan bunyi, media motion graphics, minat belajar siswa

References


Ali, A., Mukharrami, L. K., Yuniasti, A., Wulandari, R., & Munawaroh, F. (2018). Pengaruh Media Crocodile Physics Untuk Meningkatkan. Journal of Natural Science Education Reseach, 1(1), 65–72.

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636

Anisa, N., Uswatun, D. A., & Sutisnawati, A. (2021). Pengembangan Media Powerpoint Motion Graphics Sederhana Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipa Siswa Sekolah Dasar. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 5(1), 78–94. https://doi.org/10.32934/jmie.v5i1.220

Anugraheni, P. (2017). Pengaruh Pembelajaran 5E Learning Cycle Berbantuan Multimedia Terhadap Minat Belajar IPA. Edusains, 9(1), 1–9. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15408/es.v9i1.1722

Baharuddin, & Wahyuni, N. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Ar-ruzz Media.

Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia.

Chotimah, C., Utomo, A. P., & Wahyuni, S. (2021). Analisis pengaruh edmodo terhadap minat belajar siswa smp pada materi getaran, gelombang dan bunyi. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 45–51.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar. Deepublish.

Efendi, Y., Adi, E., & Sulthoni, S. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Motion Graphics pada Mata Pelajaran IPA Di SDN Pandanrejo 1 Kabupaten Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(2), 97–102. https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p097

Erwin, Vini Ariani., & Y. (2019). Multimedia Interaktif Bermuatan Permainan Edukatif di Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 3(2580–1147), 9. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/183

Febriyanti, N., & Wati, W. (2018). Pictorial Riddle: Pengaruhnya terhadap Domain Kognitif Siswa pada Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(3), 255–261. https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3600

Fitriani, A. A., Ulfa, S., & Adi, E. P. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Sistem Pernapasan Manusia Sebagai Upaya Mendukung Kebijakan Belajar Di Rumah. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(3), 303–316. https://doi.org/10.17977/um038v3i32020p303

Irmita, L. U. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Menggunakan Pendekatan Science, Technology, Engineering and Mathematic (Stem ) Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 27–37. https://doi.org/10.19109/ojpk.v2i2.2665

Jayawardana, H. B. A., & Trianggono, M. M. (2018). the Developing of Learning Media Based Articulate Studio’13 in Assessment Course At Biology Education Study Program. Jurnal Pena Sains, 5(1), 27–36. https://doi.org/10.21107/jps.v5i1.3882

Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360

Kurniawan, D., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ipa Tentang Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Kelas Iv Sdn Merjosari 5 Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 119–125. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p119

Luthfi, M. B., Rochmadi, S., Daryono, R. W., & Saputra, R. P. S. (2020). The Development of Interactive Media Based on Video Animation in the Use of a Total Station for Measurement Stake out the Building. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(4), 1773–1781. https://doi.org/10.33258/birle.v3i4.1345

Mesra, P., Kuntarto, E., & Chan, F. (2021). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(3), 177–183. https://doi.org/10.5281/zenodo.5037881

Noor, M. (2021). Media Pembelajaran berbasis Teknologi. Multi Kreasi Satudelapan.

Nuriyanti, R., & Supraptiningsih, L. K. (2019). Validasi Media Pembelajaran …. 06(02), 52–58.

Nurmansyah, M. R., Ratnamulyani, I. A., & Kusumadinata, A. A. (2019). Hubungan motion graphic sebagai konten promosi sekolah di media sosial. Communications, 1(2), 77–90. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/Communications.1.2.4 Hubungan

Pratama, E. B., & Carollina, D. (2020). Perancangan Motion Graphic Dampak Plastik Di Laut. AKSA: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 4(1), 525–540. https://doi.org/10.37505/aksa.v4i1.44

Purwanti, H. A. (2020). Penerapan Model Visualization, Auditory, Kinesthetic Berbantuan Media Animasi untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA Materi Lapisan Bumi Heni. Jurnal Profesi Keguruan, 6(2), 138–145. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk%0APenerapan

Rahadi, I. N., Darwan, & Handoko, H. (2020). The Use of Learning Media Motion Graphics Towards Students Mathematical Understanding. ITEJ (Information Technology Engineering Journals), 5(2), 97–104. https://doi.org/10.24235/itej.v5i2.45

Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 433. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2924

Rizal. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Kocok Sumpit untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Materi Getaran dan Gelombang Rizal. Pancasakti Science Education Journal, 3(2), 115–121. http://e-journal.ups.ac.id/index.php/psej

Romadonah, E. S., & Maharani, I. N. (2019). Motion Graphic sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Utile, 5(2), 115–122. https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/JUT%0AMOTIONS

Santoso, S. M. F., & Budiyanto, M. (2020). Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa SMP dengan Model Pembelajaran Guided Discovery pada Materi Getaran dan Gelombang. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 8(3), 235–240. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38395

Septianova, B. S. F. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Audio ( Comparison of Student Learning Outcomes Using Audio Visual Learning Media and Using Conventional Media). Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 17(2), 62–67.

Setyosari, H. P. (2016). Metode Penelitian. Kencana.

Suhailah, F., Muttaqin, M., Suhada, I., Jamaluddin, D., & Paujiah, E. (2021). Articulate Storyline: Sebuah Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Sel. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 19–25. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v5i1.3208

Weriyanti, W., Firman, F., Taufina, T., Taufina, T., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu dengan Strategi Question Student Have di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 476–483. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.374

Yustiana, S., & Kusumadewi, R. F. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis CTL Sebagai Bagian Dari Pengembangan SSP. Jurnal Kontekstual, 1(02), 1–6. http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v6i2.16258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.