IDENTIFIKASI HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING MATERI GERAK BENDA DAN MAKHLUK HIDUP

Faidatul Umriyyah, Muhammad Nur, Ana Yuniasti Retno Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi gerak benda dan makhluk hidup dengan menggunakan pembelajaran secara daring.  Penelitian ini menggunakan penelitian pre-experimental design dengan type one shot case study. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang diambil kelas VIII B SMP Negeri 1 Krian. Pengumpulan data menggunakan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa SMP kelas VIII pada materi gerak benda dan gerak pada makhluk hidup. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai maksimum yaitu sebesar 89 sedangkan nilai minimum 35 sehingga nilai jangkauan yang diperoleh sebanyak 54. Rata-rata nilai hasil belajar secara daring adalah 63,08 dengan standart eror 2,254. Berdasarkan hasil analisis terdapat 3 siswa yang memiliki nilai diatas KKM, 2 siswa yang memiliki nilai KKM dan 31 siswa yang memiliki nilai dibawah KKM. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran secara daring pada materi gerak benda dan makhluk hidup kurang efektif.


Keywords


Gerak pada benda dan makhluk hidup; hasil belajar; pembelajaran daring



DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v5i1.15761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.