PENERAPAN MODEL DIRECT INSTRUCTION BERBASIS SETS PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Thoriqi Firdaus

Abstract


Pendidikan saat ini memasuki era society 5.0 dimana keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu tolak ukur dalam mencapai keberhasilan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa menggunakan model direct instruction berbasis SETS pada pembelajaran IPA materi struktrur dan fungsi tumbuhan. Metode yang digunakan pada penelitian kali ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang terencana dengan melibatkan siswa kelas VIII SMP AR RISALAH Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep sebagai objeknya. Terdapat 4 tahapan pada masing-masing siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan menggunakan instrumen berupa pemantauan tindakan dan instrumen berupa tes keterampilan berpikir kritis. Tujuan dari siklus II yaitu untuk memperbaiki kekurangan pada saat siklus I. Hasil yang diperoleh dari nilai rata-rata tes keterampilan berpikir kritis pada siklus I yaitu 69,17. Sedangkan rata-rata nilai yang dihasilkan dari tes keterampilan berpikir kritis pada siklus II yaitu 87,92. Berdasarkan data yang didapatkan dari penelitian tindakan kelas siklus I dan siklus II yaitu terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP dengan menerapkan model direct instruction berbasis SETS pada pembelajaran IPA materi struktur dan fungsi tumbuhan.


Keywords


Berpikir Kritis; Direct Instruction; SETS



DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v5i1.15759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.