ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI ZAT DAN CAMPURAN

Dian Permana Putri, Ira Rahayu, Eva Ari Wahyuni

Abstract


Literasi sains dapat diartikan sebagai pengetahuan dan kecakapan ilmiah untuk dapat mengidentifikasi pengetahuan baru, menjelaskan fenomena ilmiah, serta mengambil simpulan berdasarkan fakta, memahami karakter sains, kesadaran bagaimana sains dan teknologi membentuk lingkungan alam, intelektual dan budaya serta kemauan untuk terlibat dan peduli terhadap isu yang terkait sains. Etnosains dapat meningkatkan keterampilan berpikir dan keterampilan generic sains siswa dengan mempergunakan aspek budaya lokal dalam pembelajaran. Pembelajaran yang mengangkat budaya lokal untuk dijadikan suatu objek pembelajaran sains mampu meningkatkan penguasaan literasi sains siswa, karakter, motivasi dan minat siswa. Pada penelitian ini akan dirancang bahan ajar interaktif berbasis etnosains berdasarkan analisis kebutuhan yang diperoleh dari hasil wawancara dengan salah seorang guru dan angket siswa di salah satu sekolah dasar, Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan.  Hasil penelitian didapatkan bahwa guru membutuhkan bahan ajar interaktif yang memacu siswa dalam memahami materi demikian pula siswa, siswa menginginkan bahan ajar yang lengkap untuk membantu maemahami materi yang sedang dipelajari, sehingga dihasilkan sebuah rancangan bahan ajar interaktif berbantuan PPT yang diuji kelayakannya oleh ahli materi dan media. Hasil uji menyatakan bahwa bahan ajar layak untuk digunakan.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v5i1.15757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.