KELAYAKAN E-LKPD BERBASIS LITERASI SAINS MATERI GETARAN DAN GELOMBANG

Retno Ayu Ningrum, Nur Qomaria, Wiwin Puspita Hadi, Mochammad Ahied, Maria Chandra Sutarja

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan tingkat keterbacaan peserta didik terhadap e-LKPD berbasis literasi sains menggunakan aplikasi liveworksheets pada materi getaran dan gelombang. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan menggunakan model Borg dan Gall. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas IX MTs Mathalibul Huda Mlonggo, Jepara dan peserta didik kelas IX F sebagai sampel penelitian yang dipilih menggunakan Teknik purposive sampling.  Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi dan angket keterbacaan terhadap e-LKPD berbasis literasi sains materi getaran dan gelombang menggunakan aplikasi liveworksheets. Hasil peneltian ini menunjukkan 78,3854165% pada uji coba terbatas dan 83,0555555% pada uji coba produk utama.

Keywords


e-LKPD berbasis literasi sains, kelayakan, keterbacaan, liveworksheets

References


Adnan, Mulbar, U., Sugiarti, & Bahri, A. (2021). Scientific Literacy Skills of Students: Problem of Biology Teaching in Junior High School in South Sulawesi , Indonesia. Internasional Journal of Instruction, 14(3), 847–860.

Andriana, E., Alamsyah, T. P., & Tambun, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Saintifik Kontekstual Materi Peristiwa Alam Beserta Mitigasi Bencana. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 163–172.

Andriyani, N., Hanafi, Y., Yulianti, I., Safitri, B., & Hartini. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Lkpd Live Worksheet Untuk Meningkatkan Keaktifan Mental Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Va Sd Negeri Nogopuro. Prosding Pendidikan Profesi Guru, 122–130. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Astuti, R. K., & Hayati, M. N. (2019). Development of Integrated Science Digital Module Based on Scientific Literacy. Jurnal Pena Sains, 6(1), 32–44.

Ayu, N. A., Suryanda, A., & Dewi, R. (2018). Hubungan Kebiasaan Membaca dengan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Di Jakarta Timur. Bioma, 7(2), 162–172.

Effendi, H., & Hendriyani, Y. (2016). Pengembangan Model Blended Learning Interaktif dengan Prosedur Borg and. Internasional Seminar on Education (ISE), 62–70. https://doi.org/10.31227/osf.io/zfajx

Ekapti, R. F. (2016). Respon Siswa Dan Guru dalam Pembelajaran IPA Terpadu Konsep Tekanan Melalui Problem Based Learning. Jurnal Pena Sains, 3(2), 109–115.

Elfina, S., & Sylvia, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Payakumbuh. Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran (Sikola), 2(1), 27–34.

Ernawati, I., & Sukardiyono, T. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210.

Ernawati, Y. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Materi Teks Fabel Berbasis Saintifik untuk Siswa SMP Kelas VIII. Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 94–103. https://doi.org/10.33369/diksa.v5i2.9982

Fachrozi, I., Boru, M. J., Masgumelar, N. K., Lestariningsih, N. D., Mustafa, P. S., Romadhana, S., Prasetyo, T. B., Victoria, A., Ardiyanto, D., Rodroquez, E. I. S., Gusdiyanto, H., Maslacha, H., & Hutama, H. A. (2020). Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Olahraga. Malang: Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Malang.

Fatmala, S. A., Sujana, A., & Maulana. (2017). Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SD Kelas V pada Materi Peristiwa Alam. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 211–220.

Handayani, M., Rusilowati, A., & Sarwi, S. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Literasi Sains pada Materi Alat-Alat Optik untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP. Unnes Physics Education Jornal, 9(1), 80–90.

Hari, B. S. (2019). Gerak dan Gaya (A. Tutik (ed.)). Depok: Penerbit Duta.

Hidayat, A. S., Dlis, F., & Hanief, S. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Atletik Nomor Lari Berbasis Permainan pada Siswa Sekolah Dasar (U. Nugroho (ed.)). Grobogan: CV. Sarnu Untung.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v7i1.14215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.