Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Tekanan Zat Tipe HOTS Ditinjau Dari Gender

Nur Arofah, Mochammad Ahied, Nur Qomaria, Mochammad Yasir, Maria Chandra Sutarja

Abstract


Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui persentase kesalahan siswa yang ditinjau dari gender dan berdasarkan indikator Newman. Jenis penelitian yaitu deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian yaitu kelas VIII A berjumlah 14 siswa. Instrumen penelitian yaitu tes soal HOTS berjumlah 3 soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Persentase kesalahan tertinggi siswa laki-laki, yaitu kesalahan memahami 31% dan kesalahan tertinggi siswa perempuan yaitu kesalahan memahami 32%. Persentase kesalahan terendah siswa laki-laki dan perempuan, yaitu kesalahan transformasi sebesar 8% dan 7%. 2) Siswa laki-laki dan perempuan melakukan kesalahan pada tiap jenis kesalahan Newman dari soal nomor 1 sampai nomor 3 dengan persentase tertinggi terdapat pada soal nomor 3, yaitu kesalahan transformasi sebesar 53% dan 50%, sedangkan persentase terendah pada kesalahan memahami masalah sebesar 33%.


Keywords


Gender, Kesalahan siswa, Newman



DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v7i1.13891

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.