PENGEMBANGAN POCKETBOOK IPA BERBASIS SETS PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI

Difia Mardiyanti1, Yunin Hidayati, Nur Qomaria, Ana Yuniasti Retno Wulandari

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D. Penelitian dibatasi sampai tahap pengembangan tanpa dilakukan tahap penyebaran. Produk yang dikembangkan dalam penelitian yaitu Pocketbook IPA Berbasis SETS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keterbacaan, respons siswa dan keterampilan berpikir kritis siswa setelah diterapkan produk pengembangan. Desain penelitian menggunakan one-shot case studydengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII C SMPN 8 Pamekasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pocketbook yang dikembangkan sangat layak digunakan berdasarkan penilaian kelayakan materi dan media. Hasil validitas materi yaitu 91,96% dengan kriteria sangat valid dan reliabilitas 96,30% dengan kriteria sangat reliabel. Hasil validitas media yaitu 95,49% dengan kriteria sangat valid dan reliabilitas 95,63 dengan kriteria sangat reliabel. Hasi respons siswa yaitu 83,48% dengan kriteria sangat menarik dan hasil keterbacaan pocketbook yaitu 82,92% dengan kriteria sangat baik. Rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa yaitu 70,73% dengan kriteria kritis.


Keywords


keterampilan berpikir kritis, pocketbook IPA, SETS

References


Akbar, Sa’dun. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Amri, Sofan. (2015). Implementasi Pembelajaran Aktif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Anisa, A. (2017). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Potensi Lokal Jepara. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 1–11.

Atmojo, S. E. (2015). Science Learning With SETS Vision (Science-Environment-Technology-Society) to Growing Critical Thinking Skills. Proceeding of International Seminar on Science Education, 436–449.

Laksita, S. V., Supurwoko, & Budiawanti, S. (2013). Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF). Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 3(1), 14–17.

Lestiana, I., Aed, M., Hadi, W. P., & Rosidi, I. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Wondering Exploring Explaining (WEE) Science pada Materi Struktur Bumi dan Dinamikanya. Konstruktivisme, 10(1), 113–129.

Lyn, J., Dolipas, B. B., Villamor B.B,. (2013). Higher Order Thinking Skills and Academik Performance in Physic of College Students: A Region Analysis. International Journal of Innovative Interdisciplinary Research, 2(4), 48-57.

Muslich, Masnur. (2016). Text Book Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.

Mustari, M., & Sari, Y. (2017). Pengembangan Media Gambar Berupa Buku Saku Fisika SMP Pokok Bahasan Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 113–123. https://doi.org/10.24042/jipf

Nisak, M. K., Wartono, & Suwono, H. (2017). Pengaruh Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Salingtemas Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Berdasarkan Kemampuan Akademik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(1), 113–120.

Ngalimun, Muhammad Fauzani, dan Ahmad Salabi. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nugraha, D. A., Binadja, A., & Supartono. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Reaksi Redoks Bervisi SETS, Berorientasi Konstruktivistik, 2(1), 27–34.

Pinilih, F.A, Rini B., Elvin Y.E. (2013). Pengembangan Instrumen Penilaian Produk pada Pembelajaran IPA untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 23-27.

Prastowo, Andi. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Qurrota’Aini, S. S. (2013). Pocketbook as Media of Learning to Improve Students’ Learning Motivation. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 11(2), 68–75.

Sahfriana, I., Subchan, W., & Suratno. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial Siswa dalam Pembelajaran IPA Biologi untuk Materi Ajar Pertumbuhan dan Perkembangan Kelas 8-C Semester Gasal di SMP Negeri 1 Bangil . Pancaran, 4(2), 213–222.

Sofiana, L., & Ayu, S. M. (2017). Pocket Book to Enhance Knowledge and Attitude Regarding Prevention of Soil-transmitted Helminth. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 6(3), 252–256. https://doi.org/10.11591/ijere.v6i3.pp252-256.

Sudijono, Anas. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Supeno, Bektiarso, S., & Munawaroh, A. (2018). Pengembangan Pocketbook Berbasis Android untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), 2, 76–83.

Suprijono, Agus. (2016). Model-model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Suyono & Hariyanto. (2015). Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2017). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasi dalam Kurikuum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Ummah, A. A., Wibowo, Y., & Aminatun, T. (2016). Pengembangan Pocket Book Daur Ulang Limbah Berbasis Pendekatan STML untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(7), 1–7.

Wisudawati, Asih Widi dan Eka Sulistyowati. (2017). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Wulandari, T., Prihandono, T., & Handayani, R. D. (2016). Pengembangan Pocketbook Sahabat IPA pada Materi Indra Pendengaraan dan Sistem Sonar di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(3), 277–284.

Yamin, Moh. (2015). Teori dan Metode Pembelajaran. Malang: Madani.

Yunarti, Tina. (2016). Metode Socrates dalam Pembelajaran Berpikir Kritis Aplikasi dalam Matematika. Yogyakarta: Media Akademi.

Zubaidah, Siti, dkk. (2017). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTS Kelas VIII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v2i3.13763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.