PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK BERBASIS PICTORIAL RIDDLE PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Ulfi Qurrotu A’yun, Laila Khamsatul Muharrami, Nur Qomaria, Ana Yuniasti Retno Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media scrapbook berbasis pictorial riddle, keterbacaan, dan minat belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dan desain penelitian menggunakan desain One-Shot Case Study. Media yang dikembangkan diterapkan di kelas VII A SMP Negeri 2 Blega. Berdasarkan hasil pengembangan dan penelitian (RnD) diperoleh data sebagai berikut: 1) Hasil rata-rata kelayakan media scrapbook sebesar 90,72% dengan kriteria sangat valid. 2) Hasil rata-rata keterbacaan media scrapbook sebesar 87,50% dengan kriteria sangat baik. 3) Hasil rata-rata minat belajar siswa sebesar 86,50% dengan kriteria sangat berminat.


Keywords


media scrapbook, minat belajar siswa, pictorial riddle

References


Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arsanty, V. N. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Pembelajaran STS dalam Peningkatan Penguasaan Materi dan Pencapaian Kreativitas Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 23-32.

Hardiana, I. (2015). Terampil Membuat 42 Kreasi Mahar Scrapbook. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hasbiyati, H., Khusnah, L. (2017). Penerapan Media E-Book Bereksitasi EPUB untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMP pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pena Sains, 4(1), 16-21.

Husamah, Y. P., Restian, A., Sumarsono, P. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Malang: UMM Press.

Juhji, J. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing. Jurnal Penelitiandan Pembelajaran IPA, 2(1), 58-70.

Mujtahidin. (2014). Teori Belajar dan pembelajaran. Surabaya: Pena Salsabila.

Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nai, F. A. (2017). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Permatasari, L. (2017). Pengembangan Media Scrapbook dalam Pembelajaran Fisika pada Materi Tata Surya. Skripsi Pendidikan Fisika. Program Sarjana Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Putri, S. B., Sarwi, Akhlis, I. (2018). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Melalui Kegiatan Lab Virtual dan Eksperimen Riil untuk Peningkatan Penguasaan Konsep dan Pengembangan Aktivitas Siswa. Unnes Physics Education Journal, 7(1), 14-22.

Riduwan dan Sunarto. (2017). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sari, D. L., Mintohari. (2018). Pengaruh Media Scrapbook terhadap Hasil Belajar IPA Materi Sumber Energi Siswa Kelas IV SDN Lidah Kulon IV Surabaya. Jurnal PGSD, 6(5), 693-702.

Setyaningrum, W. and Waryanto, N.H. (2017). Developing Mathematics Edutainment Media for Android based on Students’ Understanding and Interest. International Conference Journal of Physics, 983, 1-6.

Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyani, A., Sugianto, Mosik. (2016). Metode Diskusi Buzz Group dengan Analisis Gambar untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa. Unnes Physics Education Journal, 5(1), 12-17.

Trianto. (2015). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Wardhani, S. W. (2018). Pengembangan Media Scrapbook pada Materi Pengelompokan Hewan untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah, 2(2), 124-130.

Widoyoko, E. P. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yunita, R., Lestari, R., Brahmana, E. M. (2015). Minat Belajar Siswa Kelas VIII Terhadap Mata Pelajaran IPA di MTs. PP. Hasanatul Barokah Tambusai Timur Tahun Pembelajaran 2014/2015. Jurnal Mahasiswa FKIP Universitas Pasir Pengaraian, 1(1).

Zarisa, A., Saminan. (2017). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Menggunakan Metode Pictorial Riddle pada Materi Alat-alat Optik untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 1-4.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v2i3.13762

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.