PROFIL TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL

Yuseva Tri Akwantin, Yunin Hidayati, Nur Qomaria, Laila Khamsatul Muharrami, Irsad Rosidi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase kemampuan berpikir kritis dan tingkat kemampuan berpikir kritis siswa SMP pada materi pemanasan global. Jenis penelitian yang digunakan adalah mix method design dengan desain explanatory mix method design. Tes diberikan melalui google form, dikarenakan pada saat pengambilan data terdapat pandemic virus Covid-19. Populasi penelitian adalah siswa-siswi kelas VII-B MTsN 11 Jombang, sedangkan sampel penelitian yang diambil sebanyak 35 orang dengan menggunakan teknik pengambilan data purposive sampling. Sedangkan sampel yang digunakan pada saat wawancara sebanyak 7 orang dengan menggunakan rumus standart deviasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) berdasarkan standart deviasi persentase kemampuan berpikir Kritis Siswa dengan kategori Sangat Tinggi 6% , kategori tinggi 3% , kategori sedang 26% , kategori rendah 51%, dan kategori sangat rendah 14%. 2) Tingkat kemampuan berpikir kritis siswa rata rata tergolong rendah


Keywords


Kemampuan Berpikir Kritis, Pemanasan Global, Siswa Menengah Pertama (SMP)

References


Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Florea, 1(1), 41–57.

Andryani, F., Djafar, H., & Qaddafi, M. (2016). Penerapan Pendekatan SSI ( Socio-Scientifict Issues ) dengan Menggunakan Media Power Point terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Mahasiswa Baru Angkatan 2015 Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Maka. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 64–66.

Azwar, S. (2016). Reliabilitas dan Validitas (4th ed.). Pustaka Belajar.

Dinni, H. N. (2018). HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 170–176.

Ennis, R. H. (1985). A Logical Basis for Measuring Critical Thinking Skills. 45–48.

Fenanlampir, A., Batlolona, J. R., & Imelda, I. (2019). The struggle of Indonesian students in the context of TIMSS and Pisa has not ended. International Journal of Civil Engineering and Technology, 10(2), 393–406.

Hariyanto, S. (2014). Belajar dan Pengajaran: Teori dan Konsep Dasar. PT Remaja Rosdakarya.

Ika Rahmawati, Arif Hidayat, S. R. (2016). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Gaya dan Penerapannya. Pros. Semnas Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 1, 1112–1119.

Nisa.K, Melvi Silitonga, R. K. (2016). PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN LKS DI KELAS X SMA SWASTA AL-HIDAYAH MEDAN. JURNAL PELITA PENDIDIKAN VOL. 4 NO. 4, 4(4), 146–149.

Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal of Primary Education, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.15294/jpe.v6i1.14511

Prameswari, S. W. (2018). INCULCATE CRITICAL THINKING SKILLS IN PRIMARY SCHOOLS. 1st NATIONAL SEMINAR ON ELEMENTARY EDUCATION (SNPD 2018), 1(Snpd), 742–750.

Saputra, M. D., Joyoatmojo, S., & Wardani, D. K. (2018). The Assessment of Critical-Thinking-Skill Tests for Accounting Students of Vocational High Schools. International Journal of Educational Research Review, 85–96.

Siregar, S. (2019). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17 (1st ed.).

Subiantoro, A. W. (2017). Promoting Socio-scientific Issues-based Learning in Biology: Indonesian Students’ and Teacher’s Perceptions and Students’ Informal Reasoning. May, 233.

Ward, A. (2018). International productivity gaps : Are labour input measures comparable ? 33.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v5i1.12104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.