PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui persentase kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pemanasan global. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Desain penelitian yang digunakan yaitu non- eksperimen design. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Kecamatan Ketapang Kabupaten Sampang. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas VIII Tahun Ajaran 2020/2021, teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, dengan subjek penelitian sebanyak 15 siswa. Data yang diperoleh dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kritis pada siswa. Tes yang diberikan yaitu tes uraian dengan indikator berpikir kritis yaitu 1) mendefinisikan istilah 2) mampu bertanya dan menjawab petanyaan yang membutuhkan penjelasan 3) memutuskan suatu tindakan dan 4)membuat dan mempertimbangkan nilai keputusan. Hasil dari penelitian persentase secara keseluruhan pada masing-masing indikator diperoleh yaitu pada indikator mengidentifikasi istilah 48,89 %, indikator bertanya dan menjawab pertanyaan yang membutuhkan penjelasan 48,89%, indikator memutuskan suatu tindakan 28,89% dan indikator membuat dan mempertimbangkan nilai keputusan yaitu 42,22%. Rata-rata perolehan persentase kemampuan berpikir kritis siswa yaitu cukup kritis.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Bilkisda, Z. I., & Sudibyo, E. (2021). Pengaruh Pembelajaran E-LEARNING Edmodo terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Kalor dan Perpindahannya. PENSA E-Jurnal, 9(2), 193–198.
Cahyono, B. (2017). Analisis Keterampilan Berfikir Kritis dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender. Aksioma, 8(1), 50–64.
Febriyana, S., Ahied, M., Fikriyah, A., & Yasir, M. (2021). Profil Pemahaman Konsep Siswa SMP pada Materi Tata Surya. Natural Science Education Research, 4(1).
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home ( SFH ) Selama Pandemi Covid 19. Pendidikan Administrasi Perkartoran (JPAP), 8(3), 496–503.
Haryanti, N., Widodo, A. T., & Arfiani, Y. (2019). Penerapan Model Discovery Learning pada Materi Pemanasan Global untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Edukasi Matematika Dan Sains, 7(2), 55–64.
https://doi.org/10.25273/jems.v7i2.5292
Hidayah, A. C. (2018). Proses Berpikir Pemecahan Masalah Siswa Hatyaiwittayalaisomboonkulkanya School Thailand Ditinjau dari Adversity Quotient Tipe Climbers. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 3(2), 252–256.
Kania, D., Rubini, B., & Ardianto, D. (2018). Pengembangan Pembelajaran Kontekstual pada Materi Tekanan Zat untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Siswa SMP. Journal of Science Education and Practice, 2(1), 58–69.
Khasani, R., Ridho, S., & Subali, B. (2019). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(2). https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i2.192
Rahmawati, A. Y., Rohaeti, E. E., & Yuliani, A. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI Melalui Pendekatan Metakognitif. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(4), 607–616.
Rochim, F. N., Munawaroh, F., Yuniasti, A., & Wulandari, R. (2019). Identifikasi Profil Miskonsepsi Siswa pada Materi Cahaya Menggunakan Metode Four Tier Test dengan Certainty of Response Index ( CRI ). Natural Science Education Reseach, 2(2), 140–149.
Sumawpouw, O. S. (2019). Perubahan iklim dan Kesehatan Masyarakat. In Deepublish.
Wuryandari, A., & Amaliyah, M. (2016). Game Interaktif Mencegah terjadinya Pemanasan Global untuk Anak. Jurnal SIMETRIS, 7(1), 311–320.
DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v7i3.11947
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.