PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FI DAN FD PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase dan tingkat kemampuan pemecahan siswa ditinjau dari gaya kognitif siswa di SMPN 1 Tanjungbumi pada materi getaran dan gelombang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa 1)Persentase kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII A SMPN 1 Tanjungbumi materi getaran dan gelombang dengan rata-rata sebesar 65,8 % dan termasuk kategori sedang 2) Tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari gaya kognitif kelas VIII-A SMPN 1 Tanjungbumi diantaranya tingkat tinggi FI sebanyak 2 siswa dan FD 1 siswa dengan persentase sebesar 15%, tingkat sedang FI sebanyak 3 siswa dan FD 9 siswa dengan persentase sebesar 60%, kategori rendah FI sebanyak 1 siswa dan FD sebanyak 4 siswa dengan persentase sebesar 25%.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agustina, A., Yani, A., & Herman. (2018). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soalpemecahan Masalah Fisika Bagi Peserta Didik Man 3 Bone. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika (JSPF), 14(3), 1–7. https://doi.org/https://ojs.unm.ac.id/JSdPF/article/view/9926/5729
Aprilia, T., & Sutrio, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Self Efficacy Fisika Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 138–144. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.129
Ariani, S., Yusuf, H., & Cecil, H. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Abduktif-Deduktif di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 25. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.304
Azhil, I. (2017). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 2(1), 60–68. https://doi.org/10.15642/jrpm.2017.2.1.60-68
Bayuningsih, A., Usodo, B., & Subanti, S. (2017). Analysis of Junior High School Students’ Problem-solving Ability Reviewed from Self-regulated Learning. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 2(1), 51. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v2i1.16678
Enggaringtyas, Stefanus, & Tyas, A. (2019). Upaya Peningkatan Penguasaan Konsep Geometri Matematika Berdasarkan Teori Belajar Bruner Pada Siswa Kelas IV SD. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 3(2), 105–113. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jtam.v3i2.1027
Ferdiansyah, P., Indrayani, R., & Subektiningsih, S. (2020). Analisis Manajemen Bandwidth Menggunakan Hierarchical Token Bucket Pada Router dengan Standar Deviasi. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 6(1), 38–45. https://doi.org/10.25077/teknosi.v6i1.2020.38-45
Hasibunan, S. R. (2020). Analisis gaya kognitif siswa dengan hasil belajar Kimia siswa. Pros. SemNas. Peningkatan Mutu Pendidikan, 1(1), 284–287. https://doi.org/http://publikasi.fkipunsam.org/index.php/semnas2019/article/view/72
Hasyim, M., & Andreina, F. K. (2019). Analisis High Order Thinking Skill (Hots) Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 55. https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.55-64
Hidayat, S. R., Anggi, H. S., Hermawanc, Ida, K., Suhendi, E., Siahaan, P., & Samsuding, A. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Pemecahan Masalah pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 157–166. https://doi.org/10.21009/1.03206
Kusumaningtyas, S., Juniati, D., & Lukito, A. (2017). Pemecahan Masalah Generalisasi Pola Siswa Kelas VII SMP Ditinjuau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 76–84. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.6994
Lastrijanah, Prasetyo, & Mawardini. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Geoboard Terhadap Hasil Belajar Siswa Effect of Geoboard Learning Media To Student Learning Results. Didaktika Tauhidi P-ISSN, 4(2), 87–100. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30997/dt.v4i2.895
Mawardi, A., Yanti, A., & Arrifadah, Y. (2020). Analisis Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 5(1), 40–52. https://doi.org/10.15642/jrpm.2020.5.1.40-52
Nur, A. S., & Markus, P. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender. Jurnal Kreano, 9(2), 139–148. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreano.v9i2.15067
Prastiwi, M., & Nurita, T. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pensa, 06(02), 98–103. https://doi.org/https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/23289/21295
Riastini, N., & Agus, M. (2017). Pengaruh Model Polya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V Sd. International Journal of Elementary Education, 1(3), 189. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i3.11887
Silman, Sujadi, & Nurhasanah. (2019). Analysis of students’ cognitive style in learning mathematics from three different frameworks. AIP Conference Proceedings, 2194(December). https://doi.org/10.1063/1.5139850
Sriwati. (2020). Aplikasi Teori Belajar Sibernetik dan Media Ilustrasi Visual dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Inggris (pp. 7–25). https://doi.org/http://journal.unla.ac.id/index.php/sospolunla/article/view/1481/945
Wulandari, F. E. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Melatihkan Keterampilan Proses Mahasiswa. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(2), 247. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.257
DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v7i3.11945
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.