PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SSCS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agustina, N., Sudarmina, Sumartia, S. S., & Addiani, A. K. (2018). Desain Instrumen Tes Bermuatan Etnosains untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2159–2169.
Agustina, S. M., Priyatna, O. S., & Arif, S. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif (Active Learning) Tipe Debat terhadap Keaktifan Belajar Siswa dalam Mengikuti Pembelajaran Fiqih Kabupaten Bogor. Jurnal Mitra Pendidikan, 3(4), 531–540.
Amalia, R. F., & Wahyuni, S. (2020). Analisis Konten High Order Thinking Skills (HOTS) Soal Fisika SBMPTN Tahun 2018. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 90–95.
Bahri, M. F., & Supahar. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Tes Terintegrasi Agaman dan Sains dalam Pembelajaran PAI di SMA. Jurnal Pendidikan Islam, 08(02), 233–252.
Balitbang Kemendikbud. (2019). Pendidikan Di Indonesia Belajar Dari Hasil PISA 2018 (Issue 021). Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Belfali, Y. (2018). What is PISA ? Indonesia. In PISA 2018 Results Programme for International Student Assessment. Organization for Economic Co-operation and Development (OECD).
Dahlia, Ibrohim, & Mahanal, S. (2018). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Menggunakan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Sumber Belajar Hutan Wisata Baning. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 188–194. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10506
Ekantini, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA di Masa Pandemi Covid-19: Studi Komparasi Pembelajaran Luring dan Daring pada Mata Pelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan Madrasah, 5(2), 187–193.
Falah, C. M. N., Windyariani, S., & Suhendar. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share ( SSCS ) Berbasis Etnosains. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(1), 25–32.
Fananto, S. Z., & Nurita, T. (2020). Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Guided Inquiry untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 8(2), 168–173.
Faridah, E. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Soal-Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) Mata Pelajaran Sejarah Kelas X-IPS SMAN 2 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Sejarah, 7(3), 1–5.
Hatari, N., Widiyatmoko, A., & Parmin. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Unnes Science Education Journal, 5(2), 1253–1260.
Herpratiwi. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Media Akademi.
Insani, M. D. (2016). Studi Pendahuluan Identifikasi Kesulitan dalam Pembelajaran pada Guru IPA SMP Se-Kota Malang. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 81–93.
Irhamna, I., Rosdianto, H., & Murdani, E. (2017). Penerapan Model Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Statis Kelas VIII. Jurnal Fisika FLUX, 14(1), 61–64. https://doi.org/10.20527/flux.v14i1.3839
Ismunarti, D. H., Zainuri, M., Sugianto, D. N., & Saputra, S. W. (2020). Pengujian Reliabilitas Instrumen Terhadap Variabel Kontinu untuk Pengukuran Konsentrasi Klorofil-a Perairan. Jurnal Buletin Oseanografi Marina, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.14710/buloma.v9i1.23924
Jamaluddin, Jufri, A. W., Muhlis, & Bahtiar, I. (2020). Pengembangan Instrumen Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA di SMP. J. Pijar MIPA, 15(1), 13–19. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i1.1296
Kania, D., Rubini, B., & Ardianto, D. (2018). Pengembangan Pembelajaran Kontekstual pada Materi Tekanan Zat untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Siswa SMP. Journal of Science Education And Practice, 2(1), 58–69.
Nisak, M. K., Wartono, & Suwono, H. (2017). Pengaruh Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Salingtemas terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP berdasarkan Kemampuan Akademik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(1), 113–120.
Nunsi, L. F. M. (2019). Penggunaan Metode Ceramah pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Baubau. Jurnal Idrus Qaimuddin, 1(1), 40–56.
Nurwahidah, I. (2018). Pengembangan Soal Penalaran Model TIMSS untuk Mengukur High Order Thinking (HOT). Thabiea: Journal of Natural Science Teaching, 01(01), 20–29.
Putra, A., Syarifuddin, H., & Zulfah. (2018). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 56–62.
Riduwan. (2013). Dasar-dasar Statistika. Alfabeta.
Rohmah, F. A., & Nurita, T. (2017). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Getaran dan Gelombang. E-Jurnal Pensa, 05(03), 222–225.
Saregar, A., Irwandani, Abdurrahman, Parmin, Septisana, S., Diani, R., & Sagala, R. (2018). Temperature and Heat Learning Through SSCS Model with Scaffolding : Impact on Students ’ Critical Thinking Ability. Journal for the Education of Gifted Young, 6(3), 39–54.
Satriawan, R. (2017). Keefektifan Model Search, Solve, Create, and Share Ditinjau dari Prestasi, Penalaran Matematis, dan Motivasi Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 87–99.https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.7863
Savira, A. N., Fatmawati, R., Z, M. R., & S, M. E. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif. Focus Action of Research Mathematic, 1(1), 43–56.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Supriyati, E., Setyawati, O. I., Purwanti, D. Y., Salsabila, L. S., & Prayitno, B. A. (2018). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Swasta di Sragen pada Materi Sistem Reproduksi. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 74–80.
Sutiah. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Nizamia Learning Center.
Tazkiah, F. I., Yamtinah, S., & Haryono. (2017). Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA Terpadu Berbasis Model Inkuiri Terbimbing pada Tema Pemanasan Global untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa SMP Kelas VII di Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 6(2), 119–127.
Utami, M. F. L. B. (2017). Penerapan Strategi Discovery Learning (DL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep IPA. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(1), 483–490. http://202.52.52.22/index.php/jinop/article/view/4317
Wahyuningsih, E. (2021). Penggunaan Beberan Charta untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Pelajaran IPA. Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 1(1), 30–36.
Wakhyuni, E., & Andika, R. (2019). Analisis Kemampuan, Komunikasi dan Konflik Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada PT.Mitha Sarana Niaga. Jurnal Manajemen Tools, 11(1), 271–278.
Wati, K., Hidayati, Y., Wulandari, A. Y. R., & Ahied, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connecting Organizing Reflecting Extending) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Natural Science Education Research, 2(1), 110–112.
Widyaningrum, D. A., & Wijayanti, T. (2017). Pemberdayaan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Search, Solve, Create And Share (SSCS) Dengan Media Video Pada Matakuliah Biokimia Di IKIP Budi Utomo Malang. Pros. Seminar Pend. IPA Pascasarjana UM, 2, 421–426.
DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v7i3.11925
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.