Kelayakan Media Video Pembelajaran Materi Pemanasan Global
Abstract
Penelitian yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran, respon siswa, dan keterbacaan siswa terhadap media video pembelajaran berbasis aplikasi wondershare filmora pada materi pemanasan global. Penelitian ini dilaksanakan kepada siswa kelas VII di SMP N 1 Kunduran, terletak di Desa Kunduran, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora. Penelitian ini menggunakan desain ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Kelayakan media pembelajaran di validasi oleh ahli materi, ahli media, serta validasi guru IPA. Hasil penelitian antara lain: 1) Hasil validasi aspek materi oleh ahli materi dan guru IPA memiliki nilai rata-rata sebesar 92,5% dengan kategori sangat layak dan reliabilitas 91,6% atau dalam kategori sangat reliabel. Hasil validasi aspek media oleh ahli media dan guru IPA menghasilkan nilai rata-rata 94% dengan kategori sangat layak dan reliabilitas 93,3 % atau dalam kategori sangat reliabe. 2) Hasil rata-rata respon siswa sebesar 84,87% sehingga dapat dikatakan video pembelajaran mendapat respon baik, serta baik digunakan. 3) Hasil rata-rata keterbacaan siswa sebesar 84,25% sehingga dapat dikatakan video pembelajaran mudah di mengerti oleh siswa.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abidin, Z., & Purbawanto, S. (2015). Pemahaman Siswa Terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Livewire Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Jurusan Audio Video Di SMK Negeri 4 Semarang. Edu Elektrika Journal, 4(1), 38–49.
Aeni, N., & Yuhandini, D. S. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Video Dan Metode Demonstrasi Terhadap Pengetahuan SADARI. Jurnal Care, 6(2), 162–174.
Akbar, S. (2016). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Erlansyah, D. (2020). Interactive Learning Berbasis Multimedia Audio Vidio dengan Wondershare Filmora pada Mata Kuliah Komumikasi Visual. Jurnal Infomatika, 6(2), 92–98.
Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. 14(2).
Iskandar, A., Sudirman, A., Safitri, M., Sulaiman, O. krianto, Ramadhani, R., Wahyuni, D., Kurniawan, A., Mardiana, N., Jamaludin, & Simarmata, J. (2020). Aplikasi Pengembangan Berbasis TIK. Yayasan Kita Menulis.
Kurniati, A., Fransiska, & Sari, A. W. (2019). Analisis Gaya Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 5(April), 87–103.
http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/
Silmi, M. Q., & Rachmadyanti, P. (2010). Pengembangan Media Pengembangan Video Animasi Berbasis Sparkol Videoscibe Tentang Persiapan Kemerdekaan RI SD Kelas V. JPGSD, 06(04), 486–495.
Sugiyanto, R., Utami, A., & Abeng, A. T. (2018). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Video Untuk Guru Sekolah Dasar Kota Palangkaraya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 197.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2).
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, E. (2015). Pengembangan Buku Ajar Model Penelitian Pengembangan Dengan Model ADDIE. Jurnal IKA, 11(1), 208–216.
Wahyuni, M., & Ariyani, N. (2020). Teori Belajar dan Implementasinya dalam Pembelajaran. EDU PUBLISHER.
Wibawa, S. C., Harimurti, R., Anistyasari, Y., & Sumbawati, M. S. (2016). The Design And Implementation Of An Eduation Multimedia Instractive Operation System Using Lectora Inspire. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(1), 74–79.
Widoyoko, E. P. (2016). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Pustaka Pelajar.
Yaumi, Wisanti, & Admoko, S. (2017). Penerapan Perangkat Model Discovery Learning Pada Materi Pemenasan Global Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Siswa SMP Kelas VII. Pensa, 05(01), 38–45.
DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v7i2.11917
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.