PROFIL LITERASI SAINS ASPEK KOMPETENSI SISWA PONDOK PESANTREN DI MASA PANDEMI DENGAN MENGGUNAKAN PENILAIAN BERBASIS DIGITAL

Irsad Rosidi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil literasi sains aspek kompetensi pada siswa di prondok pesantren. Sampel penelitian terdiri dari 106 siswa kelas 8 yang diambil secara acak. Pengambilan sampel dilakukan di Gresik dan Lamongan. Pengambilan data dilakukan dengan tes literasi sains aspek kompetensi dengan emnggunakan tes pilihan ganda sebanyak 15 butir soal. Soal disusun dalam tes berbasis digital yang diberikan pada waktu yang bersamaan. Teknik analis data menggunakan analisis deskriptif.  Bedasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa literasi sains aspek kompetensi pada siswa di pondok pesantern kategori rendah dengan rata-rata nilai yang diperoleh 32,7044. Profil literasi sains siswa aspek kompetensi pada kategori tinggi sebanyak 2 siswa, pada kategori cukup sebanyak 18 siswa, kategori rendah sebanyak 61 siswa dan kategori sangat rendah sebanyak 25 siswa. Hal tersebut menunjukkan bahwa perlunya memberikan pembelajaran pada siswa di pondok pesantran terkait literasi sains serta mengajarkan keterampilan berpikir tingkat tinggi.

Keywords


Literasi Sains, Kompetensi, Pondok Pesantren

References


Ariningtyas, A., Wardani, S., & Mahatmanti, W. (2017). Efektivitas Lembar Kerja Siswa Bermuatan Etnosains Materi Hidrolisis Garam untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMA. Journal of Innovative Science Education, 6(2), 186–196

Karademir, E. & Ulucinar, U. (2017). Examining the relationship between middle school students’ critical reading skills, science literacy skills, and attitudes: A Structural equation modeling. Jpurnal of Education in Science, Environtment and Health (JESEH), 3(1), 29-39

Lestari, H., Setiawan, W., & Siskandar, R. (2020). Science Literacy Ability of Elementary Students Throygh Natur of Science-based Learning with the Utilization of the Ministry of Education and Culture’s “Learning House”. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 6(2) 2020 DOI:10.29303/jppipa.v6i2.410

OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing. https://doi.org/10.1201/9780203869543-c92

OECD. (2017). Pisa 2015 Results in Focus. OECD Publishing.

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en

OECD. (2019). PISA 2018 Results: Combined Executive Summaries. OECD Publishing. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Ormord, J. E. (2008). Educational Psychology: Developing Learner (Sixth ed.). USA: Pearson.

Paryati, N., & Yuliawati, F. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Sains di Kelas Vc SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman Yogyakarta. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(2), 59. https://doi.org/10.14421/jpdi.2017.0902-06

Rahayun, G. (2016). Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis dan Literasi Sains pada Pembelajaran IPA Terpadu dengan Model PBM dan STM. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, Vol 2 No 2 (2016) http://dx.doi.org/10.30870/jppi.v2i2.926

Rosdiana, L., Nurita, T., & Sabtiawan, W. B. (2018). Pengembangan LKM untuk Meningkatkan Literasi Sains Calon Guru IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 27. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p27-32

Sartika, D., Kalsum, U., & Arsyad, A. A. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sulawesi Barat. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 3(2), 8. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i2.13722

Slavin, R. E. (2011). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik Edisi Kesembilan Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks.

Sternberg, R. J. (2006). Cognitive Psychology (Fourth ed.). USA: Thomson Wadsworth.

Sternberg, R. J. (2006). Cognitive Psychology (Fourth ed.). USA: Thomson Wadsworth.

Wulandari, N., & Sholihin, H. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Sains pada Aspek Pengetahuan dan Kompetensi Sains Siswa SMP pada Materi Kalor. EDUSAINS, 8(1), 66–73. https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1762

Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v4i1.11467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.