ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA DENGAN PERBANDINGAN MODEL SAVI DAN MODEL AIR

Aries Sugiharto, Yunin Hidayati, Wiwin Puspita Hadi, Mochammad Ahied

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi siswa dengan menggunakan model SAVI dan AIR. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental tipe the static group pretest-posttest design di SMPN 1 Baureno. Populasi adalah semua kelas VII. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIC dan kelas VIID. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan  observasi. Teknik analisis data menggunakan uji mann-whitney. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi tulisan yang menggunakan model SAVI dan model AIR dengan nilai signifikansi 0,001 kurang dari 0,05, (2) Tidak ada perbedaan kemampuan komunikasi lisan yang menggunakan model SAVI dan model AIR dengan nilai signifikansi 0,471 lebih dari  0,05.

Keywords


Komunikasi, Model AIR, Model SAVI

References


Abidin, Z & Purbantoro, S. (2015). Pemahaman Siswa terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Livewire Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Jurusan Audio Video di SMK Negeri 4 Semarang, 4(1).

Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asih, N. M., & Nilakusumawati, D. P. E. (2017). Effectiveness Application Of Auditory Intellectually Repetition (Air) Learning Model To Improve Student’s Learning Outcomes On Subject Two- Dimensional And Three-Dimensional Shapes. International Journal of Advanced Research, 5(4), 933–938. https://doi.org/10.21474/IJAR01/3898

Asnawati, S. (2013). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team-Games-Tournaments. Jurnal Euclid, 3(2), 561–567.

Budiati, H. (2013). Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Secara Terpadu Dengan Permainan Kartu Link and Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas VIII F SMPN 22 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS, 1–10.

Giawa, I. R. F., Hutagaol, K., & Saragih, H. (2013). Penggunaan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition ( AIR ) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Prosiding Seminar Kontribusi Fisika 2013.

Hasnawati, Ikman, & Sari, A. (2016). Effectiveness Model Of Auditory Intellectually Repetition (Air) To Learning Outcomes Of Math Students. International Journal of Education and Research, 4(5), 249–258.

Husita, D. (2014). Penerapan Metode Koperatif Tipe SAVI (Somatic, Auditory, Visual And Intellectuall) Animasi Komputasi Sederhana Untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Kimia Pada Materi Ikatan Kimia Siswa Kelas X-6 MAN Rukoh Kota Aceh. Lantanida Journal, 2(2).

Rahayu, A. 2014. Pengembangan SSP Berbasis Model Learning Cycle Untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses dan Pemahaman Konsep Fisika, 2(2).

Rakhmat, Jalaluddin. 2011. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ramadhani, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Savi dan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar Materi Sifat-Sifat Cahaya Pada Siswa Kelas V SDN Ngadirejo Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Simki-Pedagogia, 1(8).

Ranti, M. G. (2015). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Strategi Writing To Learn Pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 96–102.

Rizqi, A. A. (2014). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa melalui Blended Learning Berbasis Pemecahan Masalah, 191–202.

Rohayati, S. (2018). The Application of AIR Learning Model to Increase Junior High School Students Mathematical Communication Ability, 8(1), 67–74.

Sari, I. J., Murni, D., & Sjaifuddin. (2016). Peningkatan Kecakapan Komunikasi Siswa Menggunakan Pembelajaran Bilingual Preview Dengan Setting Jigsaw Pada Konsep Pengelolaan Lingkungan, 2(2), 121–130.

Sari, W., Marwan, A., & Melvina. (2017). Pengaruh Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, and Intellectual) Dengan Menggunakan Media Education Card Terhadap Pemahaman Siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 1(4), 108–113.

Setywati, Heni. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa, 15(1).

Setyosari, P. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan Edisi Keempat. Jakarta: Prenadamedia Group.

Slavin, R.E. 2011. Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik. New Jersey: Pearson.

Sugito, Mulyani, S., Hartono, & Supartono. (2017). Enhancing Students ’ Communication Skills Through Problem Posing and Presentation. International Journal of Evaluation and Research in Education, 6(1), 17–22.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sundayana, Rostina. 2016. Satistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Supardi. 2013. Aplikasi Statistika dalam Peneltian, Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta Selatan: Change Publication.

Suparno, Paul. 2014. Metode Penelitian Pendidikan IPA. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Tias, H. K. (2017). Implemenatsi Cooperative Learning Type Auditory Intellectually Repetition Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa MI Al- Asy’ari Keras Diwek Jombang. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran STKIP PGRI Jombang, Jawa Timur, 3(1).

Tjasyono, Bayong. 2014. Ilmu Kebumian dan Antariksa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2015. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Viana, R.V. & Subroto. 2016. Pengembangan Sistem Assesment Dalam Pembelajaran Materi Usaha dan Energi Berbasis Media Audio Visual di SMA Negeri 1 Prambanan, 5(5).

Widyawati, S., Sulistyaningsih, D., & Suprayitno, I. J. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Auditory, Intellectually And Repetition Dengan Pendekatan Trade A Problem Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa, 3(April).




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v2i3.11451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.