EFEKTIVITAS STRATEGI PENYESUAIAN MAHASISWA BARU PADA PROSES PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI. (STUDI PADA UPN ”VETERAN” JAWA TIMUR)

Mei Retno Adiwaty, Zumrotul Fitriyah

Abstract


Dunia pendidikan yang lebih kompetitif akan membuat sebuah universitas atau perguruan tinggi perlu memiliki keunggulan bersaing. Agar bias eksis dalam persaingan maka sudah seharusnya sebuah universitas bias memberikan berbagai fasilitas yang dapat mendukung proses belajar mengajar (proses pembelajaran). Sehingga mahasiswa dapat menyesuaikan dengan lingkungan belajar di perguruan tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas dari strategi penyesuaian untuk mahasiswa baru dalam proses pembelajaran (learning process). Studi (penelitian) ini menggunakan data primer yang terkumpul dari mahasiswa baru yang mengikuti proses pembelajaran melalui kuesioner yang disebarkan kepada 146 mahasiswa baru di UPN “Veteran” Jawa Timur. Teknik analisis yang digunakan adalah PLS (partial least square) yang digunakan untuk menguji hipotesis.: Strategi penyesuaian yang lebih tepat akan membuat mahasiswa baru lebih baik dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi. Uji kausalitas menunjukkan bahwa strategi coping memiliki pengaruh positip terhadap proses penyesuaian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa emotional focus copying merupakan faktor yang paling besar pengaruhnya.  Artinya, bahwa mahasiswa perlu lebih berfokus pada faktor ini untuk menyelesaikan masalah penyesuaian diri mereka dengan proses pembelajaran di perguruan tinggi.

Keywords


strategi koping, penyesuaian, proses pembelajaran, mahasiswa baru.

References


Ajeng Ayu Widiastuti (2011), Permasalahan Penyesuaian Diri Dan Strategi Coping (Kasus Tiga Remaja Bermasalah Di Balai Rehabilitasi Sosial), http://etd.ugm.ac.id/index.php?mod=penelitian_detail⊂=PenelitianDetail&act=view&typ=html&buku_id=52473&obyek_id=4

Avin Fadilla Helmi (1999), Beberapa Teori Psikologi Lingkungan. Buletin Psikologi Tahun VII, No. 2 Desember 1999, ISSN : 0854-7108.

Devrina Rinanti S, Strategi Coping Menghadapi Stress Pada Mahasiswa Kelas Karyawan, Tugas Filsafat Ilmu dan Logika, Universitas Esa Unggul.

Dika Chrisyanti, Dewi Mustami’ah, Wiwik Sulistiani (2010), Hubungan Antara Penyesuaian diri Terhadap Tuntutan Akademik Dengan Kecenderungan Stress Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah Surabaya, Insan Vol.12 No.03, Desember 2010.

Eukaristia, sabtu 23 Juni 2012, Pengaruh Strategi Coping Terhadap Penyesuaian diri Mahasiswa Baru, http://animenekoi.blogspot.com/2012/06/pengaruh-strategi-coping-terhadap.html

Fara Sofah Intani dan Endang R. Syjaningrum (2010), Coping Strategy Pada Mahasiswa Salah Jurusan. Insan Vol. 12. No.02, Agustus 2010.

Fatchiah Kertamuda dan Haris Herdiansyah (2009), Pengaruh Strategi Coping Terhadap Penyesuaian diri Mahasiswa Baru. Jurnal Universitas Paramadina Vol.6. No.1 April 2009 : 11-23.

Hanum Rohmatul Laily Amar (2009), Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Penyesuaian diri Siswa Baru Di Man Tempursari Ngawi, Skripsi

Linda Suyanti (2012), Psikologi STS, http://lindasusyanti.blog.esaunggul.ac.id/,

Muhammad Asep Muharam, Rina Mulyati (2008), Hubungan Antara Kompetensi Interpersonal Dengan Penyesuaian Diri Pada Remaja Yang Orang Tuanya Mengalami Mutasi Kedinasan, Naskah Publikasi

Neti, Hernawati (2006), Tingkat Stres Dan Strategi Koping Menghadapi Stres Pada Mahasiswa Tingkat Persiapan Bersama Tahun Akademik 2005 / 2006, J.ll. Pert.Indo. Vol. 11(2). 2006.

Novi Karisma Wijaya (2007), Hubungan antara Keyakinan Diri Akademik dengan Penyesuaian Diri Siswa Tahun Pertama Sekolah Asrama SMA Pangudi Luhur Van Lith Muntilan, Skripsi

Rasman Sastra Wijaya (2011), Perbandingan Penyesesuaian Diri Mahasiswa Yang Berkepribadian ekstrovert dan introvert Pada Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Universitas Haluoleo Kendari, http://rasmansastrawijaya.blogspot.com/2011/07/perbandingan-penyesuaian-diri-mahasiswa.html

Rhina Meitica Pidiana, Mochamad Nursalim, Penerapan Strategi Modeling Partisipan untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri terhadap Teman Sebaya, http://ppb.jurnal.unesa.ac.id/bank/jurnal/8._Artikel_Rhina_dan_Nursalim.pdf.

Siti Hawa, Sukarti, Hubungan antara emotion Focused Coping dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa, Naskah Publikasi, 2006.

Sunahwa, Hadi Warsito, Penggunaan self-management untuk meningkatkan penyesuaian diri di lingkungan pesantren, http://ppb.jurnal.unesa.ac.id/bank/jurnal/12._Artikel_Sunahwa_dan_Hadi_Warsito.pdf.

Skla pengukuran likert, http://digilib.unpas.ac.id/download.php?id=674.

Turheni Komar (2011), Pengembangan Program Strategi Coping Stress Konselor (Studi deskriptif terhadap konselor di SMP negeri kota Bekasi tahun ajaran 2010/2011), ISSN 1412-565X. Edisi khusus no. 1 Agustus 2011.

Utomo (2008), Hubungan Antara Model-Model Coping Stres dengan Tingkat Stres pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Malang, Skripsi.




DOI: https://doi.org/10.21107/nbs.v9i1.684

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License

Copyright @ 2015, Faculty of Economics, Trunojoyo University of Madura