STRATEGI PENINGKATAN SERVICE EXCELLENCE BANK JATIM (Berdasarkan hasil survei Marketing Research Indonesia-InfoBank: Banking Service Excelence Monitor 2007/BSEMSM Survey 2007)

Bambang Setiyo Pambudi

Abstract


Berdasarkan survey riset pemasaran Di Indonesia, InfoBank: Perbankan Service Excellence Monitor / BSEMSM Survey 2007, posisi Bank Jawa Timur (Bank Jatim) dinyatakan tidak memuaskan, hanya berada di peringkat 9 dari 11 Bank yang dimiliki oleh pemerintah propinsi (Pemprov) di Indonesia yang disurvei. Hal ini menandai keberadaan dari pengelolaan  manajemen risiko masih lemah dan adalah suatu peringatan kepada Bank Jatim untuk dengan segera memperbaiki kinerja dan meningkatkan pelayanan melalui penetapan suatu standar pelayanan bagi pelanggan dan evaluasi - monitoring implementasi nya. Persiapan standar pelayanan yang ekselen adalah suatu tumpuan diawal implementasi dari  pelayanan yang ekselen Bank Jatim dengan klien. Di dalam menyiapkan pedoman standar ini, harus mengamati unsur-unsur / atribut-atribut yang penting bagi pelanggan. Untuk memastikan bahwa unsur-unsur dari jasa yang utama sesuai dengan  harapan pelanggan, survei yang pertama harus diselenggarakan dengan tren dari harapan pelanggan bank. Harapan-harapan pelanggan yang diperoleh dari survei ini akan digunakan sebagai suatu parameter untuk membuat pedoman standar pelayanan ekselen Bank Jatim sehingga bisa dipertemukan harapan-harapan pelanggan dan harapan-harapan secara umum. Untuk melakukan evaluasi dan memonitor implementasi dan sukses dari standar pelayanan yang ekselen, Cabang divisi Bank Jatim ini perlu untuk mengambil inisiatip memperbaiki fungsinya di dalam monitoring implementasi dan sukses dari pelayanan yang ekselen.

References


Ali Masyud, 2002, Restrukturisasi Perbankan & Dunia Usaha, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta

Engel, James F. , Kollat, David T. dan Blackwell, Roger D, 1992, Customer Behaviour, Drayden Press, New York

Irawan, Handi, 2003, 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan, PT Elex Media Komputindo, Jakarta

Irawan, Handi, 2003, Indonesia Customer Satisfaction, PT Elex Media Komputindo, Jakarta

Kertajaya, Hermawan, 2006, Converting Customer Service Into Sales, MarkPlus & CO, Jakarta

Porter, Michael E., 1998, Menciptakan Keunggulan Masa Depan, alih Bahasa: Wandi S. Brata, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Prijadi, S., 1999, Manajemen Perbankan, Rineka Cipta, Jakarta,

Siagian, Sondang P., 2005, Manajemen Stratejik, Bumi Aksara, Jakarta

Tjiptono, Fandy, 1997, Prinsip-prinsip Total Quality Service, Penerbit Andi, Jogyakarta.

Zeithaml, Valerie A., Parasuraman, Valerie A. & Leonard Berry, 1990, Delivering Quality Service: Balancing Customer Perception and Expectation, The Free Press, New York.

InfoBank, 2007, Marketing Research Indonesia: BSEMSM Survey 2007, Terbitan Bulan April, Jakarta

InfoBank, 2007, Marketing Research Indonesia-InfoBank: Banking ServqualSM Survey 2007, Terbitan Bulan Mei, Jakarta

Isdiyanto, 2006, Penurunan Penjaminan, Majalah Perbankan No.115, 22 September 2006, Jakarta

Litbang Kompas, Perbankan Nasional yang Memesona Asing, Harian Kompas 25 Juli 2007, Jakarta

Forum.com, Achieving Service Excellence, Boston Massachusset.

Kustiawan, 2007, Human Capital Management, Materi Kuliah, Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia, Jakarta

Sigit Pramono, 2007, Strategi Perbankan Menghadapi Persaingan Global, Materi Diskusi Panel Sespibank, 13 Agustus 2007, Jakarta

Sukristono, 1992, Perencanaan Strategis Bank, Materi Kuliah, Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia, Jakarta.

Bank Indonesia, 2004, Arsitektur Perbankan Indonesia, Jakarta

Bank Jatim, 2007, Laporan Tahunan 2006, Surabaya

Surat Keputusan Direksi PT. Bank BPD Jatim Nomor 040/141/KEP/DIR/PRN/2002 Tentang Struktur Organisasi PT. Bank BPD Jawa Timur




DOI: https://doi.org/10.21107/nbs.v4i1.577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License

Copyright @ 2015, Faculty of Economics, Trunojoyo University of Madura