BEBERAPA VARIABEL YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI PRODUK SHAMPO DI SURABAYA

Nuruni Ika Kusuma Wardhani

Abstract


Dunia pemasaran yang semakin kompetitif menuntut perusahaan untuk memiliki keunggulan daya saing. Untuk tetap bertahan dalam dunia pemasaran yang semakin cepat berubah seiring perkembangan dalam era globalisasi maka perusahaan dituntut untuk semakin bekerja keras, pintar, dan kreatif. Disisi lain konsumen dihadapkan pada berbagai macam pilihan produk. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Beberapa Variabel Terhadap Minat Beli Produk Shampo Clear di Surabaya. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari jawaban responden sebanyanyak 108 responden shampoo clear serta masyarakat yang pernah melihat iklan shampoo clear. . Teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Pengolahan data yang diperoleh dengan menggunakan analisis permodelan SEM (Structural Equation Modelling).yang digunakan untuk menguji tiga hipotesis yaitu  pengaruh positif antara pesan iklan terhadap keyakinan konsumen dapat diterima, pengaruh positif pesan iklan terhadap sikap konsumen dapat diterima, pengaruh positif sikap konsumen terhadap minat beli tidak dapat diterima, dan pengaruh positif keyakinan konsumen terhadap minat beli dapat diterima pada shampoo clear di wilayah Surabaya Selatan. Dari hasil uji kausalitas diketahui hanya pesan iklan terhadap keyakinan dan pesan iklan terhadap sikap konsumen serta keyakinan terhadap minat beli yang dapat diterima , Untuk yang satu hipotesis lainnya belum bisa memberikan hasil yang signifikan dikarenakan ada faktor lain didalamnya

Keywords


Minat Beli, Pesan Iklan, Keyakinan Konsumen, Sikap Konsumen.

References


Artaya, I Putu, 2008. Pengaruh Sikap Dan Keyakinan Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Tepung Terigu Merek Gunung Bromo Produk PT. Bogasari Flour Mils Surabaya.

Ferdinand, Augusty [2002], Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen, Penerbit BP Undip, Semarang.

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen, Penerbit BP Undip. Semarang

Gunawan, Ade, 2003. Analisis Consumer Decision Model Untuk Pengukuran Efektifitas Periklanan, Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis.

Kotler, Philip, 1997. Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, edisi bahasa Indonesia, jilid 1, Prenhallindo,Jakarta.

Kotler, Philip, 1998. Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, edisi bahasa Indonesia, jilid 2, Prenhallindo,Jakarta.

Marketing, 2009. Edisi Khusus Top Brand Index 2009.

________, 2010. Edisi Khusus Top Brand Index 2010.

Mowen, John C dan Michael Minor, 2002. Perilaku Konsumen. Edisi kelima, jilid 1 Penerbit Erlangga, Jakarta.

Sukarno Gendut, 2005 “Pengguna Consumer Decision Model (CDM) dalam pengukuran efektifitas iklan shampoo merek pantene”. Dalam Majalah Ekonomi No. 2 Tahun XIV

Sutisna, 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran Jasa. Bandung . Rosdakarya.

Sutisna, 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung .

Swastha, B. dan Irawan, 1983, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy, 1997, Srategi Pemasaran, Ardi, Yogyakarta.

Zuraida, Lukia dan Uswatun Chasanah, 2001. Analisis Efektifitas Iklan Rinso, Soklin dan Attack Dengan Menggunakan Consumer Decision Model (CDM), Usahawan No.04 Thn XXX April 2001.




DOI: https://doi.org/10.21107/nbs.v6i2.545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License

Copyright @ 2015, Faculty of Economics, Trunojoyo University of Madura