DAMPAK TINGKAT KESEHATAN BANK TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Nurjanti Takarini, Ukki Hayudanto Putra

Abstract


Perusahaan perbankan merupakan salah satu industri yang berpartisipasi di pasar modal . Analisis ini untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan dengan menggunakan rasio. Untuk menilai tingkat kesehatan perbankan digunakan metode CAMELS Bank Indonesia, yang merupakan standar dalam menilai tingkat kesehatan bank. Penelitian ini secara konseptual bertujuan untuk mengetahui dampak CAR , RORA , NPM , ROA dan LDR terhadap perubahan harga saham pada perusahaan perbankan yang go public di Bursa Efek Indonesia ( BEI ). Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling untuk mendapatkan sampel reprensetatif sesuai dengan kriteria yang ditentukan . Sampel dalam penelitian ini ada 17 perusahaan perbankan . Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan periode 2007-2009 yang dipublikasikan di media cetak Indonesia ( Info Bank ), Direktori Pasar Modal Indonesia ( ICMD ) dan Bursa Efek Indonesia ( BEI ) . Untuk memenuhi tujuan penelitian , hipotesis diuji dengan menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa CAR memiliki dampak pada perubahan harga saham pada perusahaan perbankan yang go public di Bursa Efek Indonesia ( BEI ). Adapun NPM , ROA dan LDR tidak berdampak pada perubahan harga saham pada perusahaan perbankan yang go public di Bursa Efek Indonesia ( BEI ) .

Keywords


Tingkat Kesehatan Bank ( CAMEL ), Perubahan Harga Saham, capital adequacy ratio, net profit margin, return on asset, loan to deposit ratio,

References


Ang, Robert, 1997, Pasar Modal Indonesia, Penerbit Media Soft Indonesia.

Ardiani, Anita, 2007, Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Perubahan Harga Saham Pada Perusahaan Perbankan Di Bursa Efek Jakarta (BEJ), Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Budisantoso, Totok dan Sigit Triandaru, 2006, Bank dan Lembaga Keuangan Lain, Edisi Kedua, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Hasibuan, H. Malayu, 2006, Dasar-Dasar Perbankan, Penerbit PT Bumi Aksara, Jakarta.

Husnan, Suad, 2003, Dasar-Dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas, Edisi Ketiga, Penerbit UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Indonesian Capital Market Directory, 2009, Indonesian Stock Exchange.

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo, 2002, Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen, Penerbit BPFE, Yogyakarta.

Jogiyanto, H.M, 2003, Teori Portofolio dan Analisis Investasi, Edisi Ketiga, Penerbit BPFE, Yogyakarta.

Kasmir, 2000, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Penerbit PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Kasmir, 2004, Manajemen Perbankan, Penerbit PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Manurung, Adler Haymans, 2007, Cara Menilai Perusahaan, Edisi Kedua, Penerbit PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Praditasari, Kurnia Windias, 2009, Analisis Pengaruh Tingkat Kesehatan Bank terhadap Harga Saham pada Perusahaan Perbankan yang Go-Public Periode 2004-2008, Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma, Jakarta.

Purwasih, Ratna, 2010, Pengaruh Rasio CAMEL Terhadap Perubahan Harga Saham Perusahaan Perbankan Yang Go Public Di Bursa efek Indonesia (BEI) Tahun 2006-2008, Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang.

Siamat, Dahlan, 1993, Manajemen Bank Umum, Penerbit Intermedia, Jakarta.

Siamat, Dahlan, 2004, Manajemen Lembaga Keuangan, Edisi Keempat, FE Universitas Indonesia, Jakarta.

Sugiyono, 2002, Statistika untuk Penelitian, Penerbit CV Alfabeta, Bandung.

Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 6/23/DPNP tanggal 31 Mei 2004 tentang tata cara penilaian tingkat kesehatan bank umum.




DOI: https://doi.org/10.21107/nbs.v7i2.524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License

Copyright @ 2015, Faculty of Economics, Trunojoyo University of Madura